Ini Pengganti Dana Duka yang Disediakan oleh AA-RS

Manado, Sumber Berita ID – Pemerintahan Walikota Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang saat ini telah mengeluarkan program pengganti dana duka, yaitu program paket kelengkapan kedukaan gratis.

Program paket duka yang dimaksud adalah tersedianya bantuan gratis yang diberikan oleh pemerintah Kota Manado kepada warga kurang mampu yang meninggal.

Kepala Dinas Sosial melalui Kepala Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Herry Lobo mengatakan para penerima bantuan paket duka tersebut adalah warga yang terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Jadi yang menerima bantuan paket duka tersebut adalah warga yang ber KTP Manado, dan yang terdaftar di sistem DTKS,” ucap Lobo.

Kabid Herry Lobo

Paket bantuan sosial kepada warga yang meninggal itu terdiri dari beberapa item, diantaranya pemberian peti mati dan kain kafan secara gratis.

“Bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang masuk ke DTKS itu berupa bantuan perlengkapan jenasah seperti, peti mati, jas, sepatu, kaos tangan, kaos kaki, kain kafan, minyak, kapas, dan lainnya. Tidak termasuk dekorasi, dan yang berhak menerima tidak termasuk pensiunan ASN, TNI/Polri. Data penerima manfaat tersebut dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) RI dari pendataan oleh kepala lingkungan ke Dinsos,” tambahnya.

Lobo berharap, program pemerintah Kota Manado tersebut bisa terus berjalan. Menurutnya, program yang menyasar warga kurang mampu itu sangat tepat sasaran.

“Program ini sangat bagus untuk terus dijalankan. Karena tepat sasaran, karena yang menerima adalah betul-betul masyarakat kurang mampu,” tukasnya.

Edi Ronagian tokoh masyarakat yang mewakili penerima bantuan mengapresiasi pemerintah kota Manado yang telah menjalankan program yang menyasar rakyat kecil.

“Saya mengatasnamakan keluarga yang berduka mengucapkan terimakasih kepada Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang yang telah membantu kami keluarga yang berduka. Kami sangat terbantu dengan program pemerintah ini,” kata warga tersebut.

Dari data yang diperoleh, jumlah warga Manado yang terdaftar di sistem DTKS sampai berita ini dirilis berjumlah 178.000 orang. Dan yang telah menerima manfaat sejak awal April 2023 adalah 53 orang untuk paket peti jenazah, dan paket kain kafan berjumlah 12 penerima.(don).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *