Pemkot Sudah Siapkan Rumah Layak Huni di Pandu, Warga Diminta Segera Tempati

Manado, Sumber Berita ID – Pemerintah Kota Manado saat ini sedang melakukan penataan di bantaran sungai Mahawu. Sebelumnya, warga yang menempati bantaran Mahawu ini hampir tiap tahun terkena bencana banjir, sehingga Pemerintah Kota Manado yang dikomandoi oleh Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota, dr. Richard Sualang melakukan relokasi kepada sejumlah warga Mahawu ke Perumahan Pandu.

Keberadaan Rumah Relokasi Pandu yang diperuntukan untuk warga Manado korban banjir khususnya yang ada di Kelurahan Mahawu sudah difungsikan. Pemerintah meminta kepada warga korban banjir di Mahawu untuk bisa menempati hunian di Perumahan Pandu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemukiman dan Wilayah (Perkim) Kota Manado Peter Eman mewakili Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang saat dihubungi, pada Senin(27/02/23).

” Atas nama Pemerintah Kota, meminta agar warga yang ada di Kelurahan Mahawu yang namanya masuk daftar relokasi, agar segera pindah di rumah relokasi Pandu. Pemerintah sudah menyediakan rumah layak huni untuk warga Mahawu, sebab rumah yang lama sudah tidak layak huni karena rawan banjir,” ujar Eman.

Eman pun meneruskan apa yang sudah dikatakan Walikota Angouw, warga yang sudah tinggal di Perumahan Pandu agar tidak memperjualbelikan rumah tersebut kepada orang lain.

“Rumah Relokasi Pandu jangan dijadikan rumah kedua, tapi jadikan rumah utama. Sebab ada warga relokasi yang sudah memperjual belikan rumah tersebut, bahkan ada rumah yang mulai rusak karena tidak ditempati,” kata Eman.

Bahkan, saat dilakukan pengecekan kondisi rumah di Perumahan Pandu saat tidak ditempati warga akhirnya rusak.

“Rumah yang sebelumnya telah diberikan, dan beberapa tahun ini dibiarkan oleh pemilik, sehingga kondisi rumah yang tidak ditempati itu menjadi rusak dan hilang fasilitas di dalamnya. Oleh karena itu, kami meminta kepada warga relokasi, agar segera menempati fasilitas rumah layak huni di Pandu, agar rumah tersebut bisa terawat dengan baik,” tutupnya.

Diketahui saat ini Pemerintah Kota Manado juga sedang melakukan pengerjaan pengerukan di anak sungai Mahawu untuk diperlebar dan di perdalam, dengan tujuan memperlancar arus air sungai.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *