oleh

Ini Kata Bawaslu Manado, Terkait Perekaman e-KTP di Rumah Warga

-Headline, Politik-3.092 views

Manado, Sumber Berita ID – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado Julises Deffie Oehlers SH, mengeluarkan pernyataan bahwa perekaman e-KTP dirumah warga sudah melalui koordinasi dengan penyelenggaraan pemilu, dan hal tersebut dibantah langsung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado.

Dikatakan Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungam Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado, Taufik Bilfaqih kepada media ini, Minggu (22/11).

“Jadi kami tegaskan ya, penyelenggara meminta Disdukcapil untuk memfasilitasi perekaman kepada warga yang belum memiliki e-KTP, tapi bukan meminta datang ke rumah warga. Dari Bawaslu Manado tidak ada arahan lakukan perekaman di rumah warga. Saya juga sudah cek ke KPU juga tidak tahu soal itu,” tegasnya.

Menurut Taufik, perekaman e-KTP berbasis dilapangan seharusnya melalui koordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu.

Foto yang beredar di medsos, diduga kegiatan perekaman e-KTP disalah satu rumah warga.

“Disdukcapil harusnya lakukan perekaman di kantor-kantor lurah seperti pemilu 2019 lalu, bukannya di rumah warga. Dan jika lokasinya ke rumah warga itu hanya khusus warga yang tak kuasa ke kantor Disdukcapil, seperti di Bunaken Kepulauan,” jelasnya.Karena itu, lanjut Bilfaqih, Bawaslu akan mengutus pengawas untuk secara langsung mengawasi, sembari meminta Disdukcapil untuk melakukan koordinasi dengan penyelenggara Pemilu.

“Dan kami butuh informasi dari warga, apakah ada yang merasa tidak diperlakukan atau tidak dilayani? Apakah semua pihak diminta melakukan perekaman? Kami meminta kepada masyarakat yang merasa ada tindakan menyimpang, mohon laporkan, seperti adanya upaya penggiringan dan lain sebagainya,” tandasnya.(bonds)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Kalau ada pelanggaran di usut……..mana bisa perekaman di rumah warga……..apa guna kantor Capil.
    Koordinasi ?? Koordinasi deng Paslon……..kapala dinas apa ini memang dr dulu so terkenal nih Capil Manado…….so samua nyanda war2 ada di situ.

News Feed