Terima Penghargaan Pelopor Toleransi dan Kerukunan, Olly: Aman dan Damai, Peluang Investasi Semakin Terbuka

Manado, Sumber Berita ID – Gubernur Olly mendapatkan kehormatan menyabet penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 untuk Provinsi Sulut dengan kategori Pelopor Toleransi dan Kerukunan.

Penghargaan ini diberikan TV One, salah satu televisi swasta terkemuka di tanah air di Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Gubernur OD menyampaikan, kerukunan dan toleransi menjadi jadi kehidupan masyarakat di Sulut yang harus terus dijaga.

“Masyarakat Sulawesi Utara selalu bisa menjaga toleransi dan kerukunan. Bahkan, kita juga mendapat penilaian kerukunan beragama di Sulawesi Utara dengan nilai-nilai baik di antara provinsi lainnya,” katanya.

Apa yang telah dicapai, lanjut Gubernur Olly, tak lepas dari peran kerja sama masyarakat Sulut maupun Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut yang turut merangkai kebhinekaan yang ada di Bumi Nyiur Melambai.

Masyarakat Sulut, katanya, memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang terbingkai dalam filosofi, yang melekat pada pahlawan nasional, Dr Sam Ratulangi, yang dikenal dengan semboyan Sitou Timou Tumou Tou, yang artinya: manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.

“Filosofi hidup inilah yang dirawat oleh seluruh kepala daerah di Provinsi Sulawesi Utara sampai saat ini,” tukasnya.

Menurutnya, masyarakat Sulut berhasil menjaga toleransi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam pembangunan daerah yang berkesinambungan dengan melibatkan peran forum komunikasi umat beragama maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Termasuk juga bersama-sama mensosialisasikan program-program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Ia menyatakan bangga atas semboyan hidup masyarakat dan para pemuka-pemuka maupun tokoh-tokoh masyarakat yang terus menjaga dan merawat toleransi dan kerukunan.

“Itulah sebabnya masyarakat Sulut hidup harmonis, sehingga kondisi yang aman dan damai ini turut memberikan kontribusi positif bagi daerah, yang di dalamnya ikut mendorong peningkatan investasi maupun pariwisata.

Olly mengakui bukan hal mudah untuk menjaga dan merawat toleransi dan kerukunan, banyak tantangan yang dihadapi.

“Makanya kerja sama antar umat beragama sangat dibutuhkan. Terutama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada sehingga tidak terjadi konflik,” tuturnya.

Pemprov Sulut, katanya, berupaya menjaga nilai empat pilar yang mencakup Pancasila, Undang-undang, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Nilai-nilai tersebut terus kita sosialisasikan mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA,” tandas Gubernur Olly.

Sementara itu, Chief Executive Officer TV One Taufan EN Rotorasiko menyampaikan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kepala daerah yang telah bekerja keras membangun negeri dan mempersembahkan capaian terbaik untuk seluruh rakyat.

“Kami sungguh bangga atas segala capaian yang bapak dan ibu torehkan. Penghargaan dan prestasi yang telah bapak dan ibu capai ini tentu tidak membuat bapak dan ibu untuk berhenti memperjuangkan cita-cita mensejahterakan masyarakat. Kita semua justru tidak boleh terlena, sebab tantangan di masa depan jauh lebih berat,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *