7.568 Pantarlih Dilantik, KPU: Hari Ini Mulai Proses Coklit

Headline, Manado, Pentas125 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Bertempat di Auditorium Unsrat, KPU Sulawesi Utara melantik Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), pada Senin (24/6/2024). Para Pantarlih se Sulut itu juga mengikuti apel akbar coklit Pilkada serentak 2024.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan mengatakan, tugas utama Pantarlih selama kurang lebih satu bulan ke depan yakni melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih.

“Semua Pantarlih melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk mencocokan, memverifikasi dan meneliti terkait dengan hak warga negara yang sudah layak menjadi pemilih di Pilkada 2024,” jelasnya.

Mulai hari ini, petugas Pantarlih akan mulai melakukan proses coklit. Untuk itu, dia menekankan kepada 7.568 petugas se-Sulut yang telah dilantik agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai petunjuk teknis.

“Pada prinsipnya pencocokan dan penelitian ini untuk menyatakan yang berhak itu harus dimasukkan dalam daftar pemilih Pilkada yang belum atau tidak berhak dikeluarkan dari daftar pemilih,” tukas Poluan.

Pelantikan dan apel akbar berlangsung sukses dengan dihadiri Komisioner KPU Sulut dan Kabupaten/Kota serta petugas Pantarlih secara langsung dan daring.

Diketahui turut hadir dalam kegiatan tersebut, pimpinan Bawaslu Sulut dan Kabupaten/Kota, Asisten I Setdaprov Sulut, Denny Mangala, akademisi, pegiat pemilu dan undangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *