Dinkes Manado Bentuk Forkom Hidup Sehat

Manado, Sumber Berita ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado mengadakan kegiatan Pembentukan Forum Komunikasi (Forkom) Hidup Sehat Kota Manado, di Gran Puri Hotel, Rabu (26/10/2022). Dasar dari kegiatan ini adalah amanah dari Instruksi Presiden (Inpres) No.1 tahun 2017 untuk mengoordinasikan perubahan perilaku masyarakat tentang hidup bersih dan sehat.

Dan untuk Kota Manado, Forkom Hidup Sehat baru terbentuk pada sekarang ini.

“Untuk Kota Manado Forkom Hidup Sehat baru terbentuk sekarang ini, padahal Inpres sudah ada daru tahun 2017. Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Walikota dan sudah menerbitkan SK, sehingga kami lanjutkan dengan pembentukan Forkom Hidup Sehat Kota Manado,” kata Dandel.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Steaven Dandel dalam memberikan materi kepada para peserta menjelaskan, beberapa dibahas dalam kegiatan ini, diantaranya berbagai macam penyakit yang menjadi sorotan utama untuk dilakukan pencegahan pemerintah.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, yang harus di cegah dalam situasi sesudah pandemik adalah pencegahan stunting dan penyakit tidak menular (diabetes, hipertensi, jantung). Di Kota Manado sendiri kita sudah melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan untuk menekan angka kelahiran bayi stunting,” kata Dandel.

Output dari pembentukan Forkom Hidup Sehat ini adalah kebijakan-kebijakan bagaimana cara hidup sehat.

“Saya mencontohkan Dinas Pemuda dan Olahraga, yang nantinya mereka tidak hanya mengejar prestasi namun juga bagaimana mereka di dalam instansi tersebut menerapkan cara dan gaya hidup sehat. Sehingga, mereka bisa bekerja dengan maksimal dan tentunya selalu sehat,” tukas Dandel.

Diketahui, para peserta Forkom Hidup Sehat ini berasal dari berbagai instansi yang berhubungan di pemerintah Kota Manado.(don)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *