Presiden Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Daftar Pejabat yang Dilantik Hari Ini

Jakarta, Sumber Berita ID – Presiden Joko Widodo berencana akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini. Dua menteri mengambil peran tambahan. Selain itu, ada sejumlah pejabat lain yang bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sore ini. Pelantikan rencananya digelar di Istana, Rabu (28/4/2021). Ada satu nama yang menjadi menteri baru Jokowi: Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Sebelum ini, Bahlil menjabat Kepala BKPM.

Kini tak ada lagi nama Bambang Brodjonegoro di kabinet. Bambang sebelumnya menjabat Menristek/Kepala BRIN.

Total ada dua menteri dan satu kepala badan yang bakal dilantik sore ini:

1. Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek

2. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi

3. Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selain itu, Jokowi direncanakan melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pengganti Artidjo Alkostar, yang telah berpulang beberapa waktu lalu. Indriyanto Seno Adji dikabarkan bakal mengisi posisi tersebut. Pelantikan menteri dan kepala BRIN ini dilakukan setelah penggabungan Ristek dan Kemendikbud disetujui DPR. Selain itu, DPR menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Surat persetujuan itu pun sudah dikirim ke Presiden Jokowi.

“Sudah (teken surat persetujuan),” kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Selasa (26/4).

Surat persetujuan dari DPR RI yang dikirim ke Presiden Jokowi itu diteken oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. DPR menyampaikan surat persetujuan itu ke Presiden melalui Sekretariat Negara.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey akan masuk Kabinet Indonesia Maju. Namun dari rilis Sekretariat Negara, tidak terpampang nama Gubernur Sulut tersebut. (*/Setneg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *