Ini Penampakan HP Berkamera Pertama di Dunia, Jarang Publik Tahu

Headline, Info, Tekno370 Dilihat

Saat ini, semua vendor ponsel punya kamera canggih. Tapi tahukah kamu ponsel kamera pertama di dunia?

Sejumlah vendor ponsel punya caranya sendiri dalam berinovasi pada kamera di ponsel buatannya. Ada yang pakai punch hole, skema pop-up, flip, putar hingga tertanam di layar.

Selain itu, resolusi yang dihadirkan pun juga sudah besar-besar. Tercatat, kamera dengan resolusi 48MP bisa dibilang sudah marak di pasaran, bahkan 64MP. Ada juga yang sudah tembus resolusi di atas 100 MP.

Dengan kecanggihannya sekarang, terbayangkah kamu bagaimana penampilan dari generasi pertama ponsel berkamera? Satu yang jelas, mereka masih sarat dengan keterbatasan. Soal siapa yang memasarkan ponsel kamera untuk kali pertama ke publik, Kyocera jadi pelakunya. Perusahaan asal Jepang itu menjual ponsel berkameranya bernama VP-210 pada Mei 1999, atau sekitar 20 tahun lalu.

Perangkat buatannya itu memiliki kamera dengan resolusi 0,11MP. Ponsel ini mampu menangkap hingga 20 gambar sampai akhirnya memorinya penuh terisi, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Sabtu (17/4/2021).

Menariknya, ia memiliki penyanggah yang membuatnya dapat berdiri sehingga penggunanya bisa melakukan semacam selfie atau groufie. Saat dirilis di Jepang, VP-210 dibanderol 40 ribu yen, atau sekitar USD 325 kala itu.

Setahun berselang, publik disuguhi dengan dua ponsel berkamera sekaligus. Pertama ada Samsung SCH-V200 yang dirilis pada Juni 2000. Lalu, sekitar lima bulan setelahnya, muncul Sharp J-SH04, atau yang dikenal juga sebagai Sharp J-Phone.

Keduanya dirilis di tanah kelahiran pembuatnya masing-masing. Untuk resolusinya, SCH-V200 memiliki kamera berkualitas 0,35MP, sedangkan J-Phone sama seperti VP-210, yakni 0,11MP.

Pada 2002, pasar Amerika Serikat akhirnya merasakan kehadiran ponsel berkamera. Pada November 2002, Sanyo merilis SCP-5300, alias Sanyo Katana, di Negeri Paman Sam.

Bekerja sama dengan operator Sprint, ponsel tersebut dibanderol senilai USD 400 ketika dirilis. Kameranya sendiri memiliki resolusi 0,3MP.

Bisa dibilang, sudah sekitar dua dekade sudah berlalu semenjak ponsel berkamera menyapa pasar. Kini, perkembangan kamera di ponsel sudah sangat jauh berkembang.(dtc/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *