Peringati Hardiknas, Walikota Angouw: Guru Harus Merdeka Termasuk Kesejahteraannya

Manado, Sumber Berita ID – Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) 02 Mei 2024, pemerintah Kota Manado melaksanakan upacara yang dilaksanakan di ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado, Kamis (02/05/2024). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Walikota Andrei Angouw. 

Dalam upacara ini, dirangkaikan juga dengan penyerahan Tanda Penghargaan dan Surat Keputusan (SK) Pensiun pada beberapa ASN, dan dilanjutkan dengan Pencanangan Bulan Merdeka Belajar yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

Selaku inspektur upacara, Walikota juga membacakan Pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek R.I. Nadiem Anwar Makarim.

Walikota Angouw menggambarkan Hari Pendidikan Nasional dengan mengambil perbandingan dengan negara Amerika Serikat.

“AS lebih dulu merdeka, tapi Indonesia lebih dulu memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kita sudah harus sadar soal pendidikan sebab kita masih ketinggalan. Tidak ada cara lain untuk sejahtera selain pendidikan. Jadi negara tidak akan sejahtera jika kualitas pendidikan rendah. Esensi ini yang harus dikembalikan,” ucap Angouw.

Lebih jauh Walikota menjelaskan soal program merdeka belajar yang harus lebih digiatkan.

”Saya berharap, agar guru-guru juga harus merdeka dalam berbagai hal termasuk kesejahteraan,” ujarnya.

Walikota berharap agar semua memahami apa itu hari Pendidikan Nasional.

“Apa semangatnya hari Pendidikan Nasional. Kita harus fokus meningkatkan pendidikan agar dapat memastikan daya saing bangsa kita,” terang Walikota.

Kegiatan ditutup dengan doa oleh Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Janny Lompoliu S.Th, M.Th.

Hadir dalam Peringatan Hardiknas ini, Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan yang juga merupakan Bunda PAUD, Kadis Pendidikan Kota Manado Drs. Steven Tumiwa M.Pd yang bertindak sebagai penanggungjawab kegiatan Hardiknas ini, Kepala SKPD, para Camat, pejabat eselon lainya, para guru dan siswa yang mewakili SMP dan SD.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *