Ketua TP-PKK Manado Hadiri Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan di Wenang Utara

Headline, Manado397 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Ketua TP-PKK Kota Manado Manado, Irene Golda Pinontoan menghadiri sekaligus memantau pelaksanaan lomba evaluasi perkembangan kelurahan yang bertempat di Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang, Selasa (30/4/2024).

Pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK Kota Manado Manado, disambut oleh Lurah Chandra Kapojos bersama Ketua PKK Wenang Utara.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa/kelurahan melalui pembangunan Indonesia.

Kabid Pemberdayaan Meiske Sekoh, SH membuka kegiatan lomba evaluasi perkembangan kelurahan se Kota Manado tahun 2024. Sekoh mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.

“Kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan berlaku di tingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi,” tegasnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini tambahnya, adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Sekoh menambahkan, untuk maksud dan tujuan kegiatan tersebut ialah untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah Kelurahan,

“Serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Sekoh.

Selain itu ujarnya lagi, dalam tahapan penilaian ialah untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan.

“Untuk peserta lomba adalah 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian,” tegas dia.

Diketahuinya turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I, Julises Oehlers, Sekretaris Kecamatan Wenang, para Lurah dan Ketua Lingkungan serta para PKK Kecamatan Wenang. (lipsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *