Bunaken Kepulauan Sertakan Dua Kelurahan pada Lomba Tertib Adminstrasi

Manado, Sumber Berita ID – Kegiatan lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan di Kota Manado kembali dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa/kelurahan melalui pembangunan Indonesia. 

Kelurahan Bunaken kecamatan Bunaken Kepulauan menjadi yang pertama dilaksanakan penilaian.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Rollies Rondonuwu diwakili Kabid Pemberdayaan Meiske Sekoh, SH, Selasa (23/04/2024) pagi, membuka kegiatan lomba evaluasi perkembangan kelurahan se Kota Manado tahun 2024.

Saat membuka kegiatan tersebut, Sekoh mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.

Untuk Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan adalah tempat yang pertama dikunjungi.

“Kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan berlaku di tingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi,” tegasnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini tambahnya, adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Sekoh menambahkan, untuk maksud dan tujuan kegiatan tersebut ialah untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah Kelurahan,

“Serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Sekoh.

Selain itu ujarnya lagi, dalam tahapan penilaian ialah untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan.

“Untuk peserta lomba adalah 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian,” tegas dia.

Sementara itu tim penilai administrasi PKK Kota Manado juga melakukan kunjungan ke kelurahan Bunaken dan Manado Tua untuk melakukan penilaian.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bunaken Grace F Mandak – Tumbel, penilaian administrasi ini bertujuan agar masyarakat terus aktif dalam setiap kegiatan yang ada, terutama mewujudkan 10 program pokok PKK yang telah dicanangkan, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

“Kami berharap kegiatan ini membawa manfaat dan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh ibu-ibu PKK kelurahan di Kecamatan Bunaken Kepulauan untuk meningkatkan kreativitas sehingga mampu menunjang peningkatan taraf kehidupan keluarga menjadi lebih baik lagi,” harap Grace sembari menyebut Bunaken Kepulauan satu-satunya yang berani membawa dua kelurahan untuk ikut lomba tertib adminstrasi PKK kelurahan.

Diketahui, sebagai tim penilai pada kegiatan tersebut dari Dinsos diantaranya Meiske Sekoh, Paulus Suatan, Natasha Raintung, Christi Tatuh dan Felix Tamah.

Dari bidang Pembangunan Vera Kereh, dari Pemerintahan Jeane Atile, dari Dinas Kesehatan Mesery, dari unsur media Steven Rondonuwu, dari Keamanan Samuel Kurnia dan dari Dinas Pendidikan Margaretha.

Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak, SE, ikut hadir dan menyambut tim penilaian pada kegiatan tersebut. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *