Manado Naik Peringkat 4 Kota Paling Toleran Tahun 2023

Headline, Manado, Mimbar181 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Dari hasil penilaian indeks kota toleran yang dilaksanakan oleh Setara Institute, Kota Manado dikategorikan masuk 5 besar kota paling toleran se Indonesia.

Setara institut adalah organisasi perkumpulan yang didirikan dengan tujuan mewujudkan masyarakat setara plural dan bermartabat.

Berdasarkan hasil kajian dan study kota toleran 2023 terdapat 10 kota dengan skor tertinggi yaitu Singkawang, Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang dan Surakarta .

Posisi 10 kota ini sama dengan IKT 2022. Hanya mengalami perobahan pada posisi. Seperti Kota Manado tahun 2022 berada di peringkat 8, dan tahun 2023 Kota Manado naik peringkat 4.

Pada studi IKT 2023 juga ada terdapat 10 kota dengan skor toleransi terendah yakni, Depok, Cilegon, Banda Aceh, Padang, Lhokseumawe, Mataram, Pekanbaru, Palembang dan Bandar Lampung.

Penghargaan untuk Kota Manado ini diterima langsung oleh Kaban Kesbangpol, Meiske Conny Lantu, mewakili Walikota dan Wakil Walikota Manado. Turut hadir dalam kesempatan Itu Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Janny Lompoliu dan ketua BKSAUA Pdt. Juddy Tunari.

Launching dan penghargaan ini dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, pada Selasa, (30/01/2024).

Sekretaris Kota Manado, Dr Micler Lakat, SH MH merasa bangga atas pencapaian Kota Manado yang masuk dalam 5 besar kota toleran.

“Banyak selamat dan sukses untuk Kota Manado yang masuk 5 besar, sebagai ranking 4 kota toleransi di Indonesia tahun 2023, yang penghargaannya baru diterima tadi sore di Jakarta,” kata Lakat.

Menurut Lakat, prestasi tersebut tidak lepas dari sinergitas yang tercipta di dalam pemerintahan Kota Manado.

“Terima kasih atas sinergitas dan kerjasamanya para dinas terkait, FKUB, BKSAUA, dan tentunya seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Kota Manado. Sehingga kita dari peringkat 8 tahun sebelumnya, dan tahun kemaren tahun 2023 kita masuk 5 Besar Indeks Kota Toleran di Indonesia dengan ranking 4,” ungkap Lakat.

Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Juddy Tunari menjelaskan, Setara Institute yang didirikan dengan tujuan mewujudkan masyarakat setara plural dan bermartabat.

“Setara institute adalah organisasi perkumpulan yang didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat, yang setara, plural dan bermartabat. indeks kota toleran yg disusun SETARA ini telah memasuki tahun ke 7 sejak dirilis tahun 2015. Indeks Kota Toleran (IKT) adalah studi pengukuran kinerja kota meliputi pemerintah kota dan elemen masyarakat dalam mengelola keberagaman, toleransi dan inklusi sosial. Pengukuran IKT mengombinasikan paradigma hak konstitusional warga sebagai jaminan konstitusi, hak asasi manusia sesuai standar hukum HAM international dan tata kelola pemerintahan yg inklusif,” kata Tunari menjelaskan.

Dia juga mengapresiasi setiap kebijakan dan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Manado, dibawah pimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang.

“Objek kajian IKT adalah 94 kota dari total 98 kota di indonesia. Dan Kota Manado mendapat penghargaan Kota yang paling toleran ke 4 di Indonesia tahun 2023. Dan ini tidak lepas dari inovasi dan terobosan bahkan kebijakan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang dalam kerja sinergitas bersama dangan para tokoh agama, FKUB dan BKSAUA tapi juga tokoh tokoh masyarakat dan semua lembaga sosial yang mencintai kerukunan dan toleransi,” ungkap Tunari. (don)

Berikut hasil yang dirilis Setara Institut kota paling toleran di Indonesia tahun 2023, berdasarkan peringkat :

1. Kota Singkawang nilai 6.500

2. Kota Bekasi nilai 6.460

3. Kota Salatiga nilai 6.450

4.Kota Manado nilai 6.400.

5.Kota Semarang nilai 6 230

6 Kota Magelang 6.220

7.Kota Kediri 6.073

8.Kota Sukabumi 5.997

9. Kota Kupang 5.953

10. Kota Surakata 5.800

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *