Pemkot Manado Terima Penghargaan Treasury Award 2024

Headline, Manado415 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Andrei Angouw, Walikota Manado menerima Penghargaan Treasury Award 2024 yang digelar oleh Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, pada Selasa (30/01/2024).

Pemerintah Kota Manado meraih peringkat ke 3 Pengelola DAK Fisik Terbaik Tahun 2023. Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ketika menerima tiga penghargaan mengatakan, saat ini telah melewati tahun anggaran 2023, jika di flashback sekilas maka patut berbangga dengan beberapa prestasi yang menggembirakan, yang tentunya hal itu merupakan hasil kerja keras dari semua.

“Hingga periode Triwulan III tahun 2023 lalu, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi kumulatif Sulut mencapai 5,65 persen. Perekonomian Sulut tumbuh lebih tinggi dibandingkan kemampuan nasional 5,05 persen. Demikian pula, dengan inflasi sepanjang semester II 2023 dapat dikendalikan di bawah angka 3 persen,”ucapnya.

Dia menambahkan, capaian pada beberapa indikator kesejahteraan Sulut juga terus menunjukkan perbaikan. Diantaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dari 73,81 pada tahun 2022 menjadi 74,36 pada tahun 2023.

“Artinya, tingkat pengangguran terbuka sejak tahun 2020 terus melanjutkan tren penurunan hingga periode Agustus 2023 menjadi 6,1 persen. Tingkat kemiskinan Sulut juga menjadi yang terendah di wilayah regional pulau Sulawesi,” ungkap wagub.

Wagub juga mengajak, kepada seluruh kepala daerah di Sulut serta seluruh jajaran untuk melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran daerah di tahun sebelumnya. “Hal itu penting untuk kita jadikan sebagai masukan berharga dalam merumuskan kebijakan – kebijakan yang akan kita implementasikan pada tahun 2024,” ujarnya.

Steven Kandouw juga mengapresiasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. “Saya kira kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang positif karena akan memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan Dana Transfer ke Daerah,” pungkasnya. (lipsus)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *