Jean Sumilat Dampingi Rita Tamuntuan di Bimtek Selamatkan Pangan untuk Pencegahan Food Wasted

Headline, Pentas800 Dilihat

Tangerang, Sumber Berita ID – Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara (Sulut), Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Selamatkan Pangan untuk pencegahan Food Wasted di Atria Hotel, Gadong Serpong Tangerang, Kamis (02/11/2023). 

Sekretaris Pokja 3 TP-PKK Sulut Ir. Jean Sumilat turut serta mendampingi kegiatan dari istri orang nomor 1 di Sulawesi Utara tersebut.

Rita Dondokambey Tamuntuan dalam kegiatan itu mengajak masyarakat untuk selalu menghargai setiap makanan.

“Mari lebih sadar, ingatk pesan klasik namun penuh arti dari orang tua. Hargailah makanan, bahkan sebutir nasi pun janganlah kau biarkan terisi di piring makananmu, ” kata Tamuntuan.

Jean Sumilat saat mendampingi Ketua TP-PKK Sulut mengatakan fenomena food wasted harus dihindari karena akan berdampak pada masalah sosial.

“Maraknya fenomena food wasted yang terjadi di banyak belahan dunia membawa dampak buruk pada lingkungan, sosial, juga ekonomi. Masalah tersebut perlu disikapi dengan serius, ” kata Sumilat yang juga merupakan personil DPRD Kota Manado ini.

Menurutnya, food wasted terjadi akibat keputusan di bagian hilir. Sehingga masyarakat perlu di berikan edukasi agar tidak menjadi ancaman serius dimasa yang akan datang.

“Food wasted terjadi akibat keputusan dan tindakan di bagian hilir, pada sistem pasar dan konsumen. Penyebab utama food wasted ini diantaranya membuang makanan yang cenderung masih baik. Keputusan konsumen itu sendiri yang tidak mengkonsumsi makanan karena alasan selera, estetika, maupun standar kualitas makanan, ” kata Sumilat.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan yang akan bertarung kembali pada pemilihan calon legislatif tahun 2024 ini berharap, masyarakat bisa mengambil peran dalam menghindari food wasted.

“Saya harap masyarakat bisa mengambil peran untuk menghindari food wasted. Saya yakin masyarakat bisa mensosialisasikan kepada sesama warga, karena sebutir nasi pun jangan sisakan di piringmu, itu pesan orang tua kepada kita, ” pungkas Sumilat. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *