Walikota Angouw Launching Kampung Moderasi Beragama

Headline, Manado, Mimbar978 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Kampung Moderasi Beragama diresmikan langsung oleh Walikota Manado Andrei Angouw, Selasa (18/07/2023). Lokasi Kampung Moderasi Beragama ini terletak di Pura Jagatha, Kelurahan Taas Lingkungan IV Kecamatan Tikala Manado.

Diketahui Program Kampung Moderasi Beragama merupakan program yang dimiliki Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat.

Kelompok Kerja Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama melaporkan bahwa kehadiran personil sebanyak 400 orang yang terdiri dari penyuluh Agama PNS dan Non PNS dari berbagai Agama yang terdiri dari, Ormas Agama 40 orang, dan Ormas Pemuda Agama 36 orang serta Ormas Sosial Kemasyarakatan lainnya.
Selesai laporan dilanjutkan dengan ucapan selamat datang yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Manado Hj. Rogaya Udin M.Pd.

Dalam sambutannya Hj. Rogaya menjelaskan soal Konsep Moderasi Beragama serta kondisi dan ancaman Negara dalam kaitan dengan bagaimana mempertahankan Pancasila dan kerukunan beragama di Indonesia.

“Konsep dari Kampung Moderasi Beragama ini adalah bagaimana kita meminimalisir berbagai kondisi dan ancaman negara dal kaitan dengan mempertahankan Pancasila dan kerukunan beragama,” kata Hj. Rogaya sambil menjelaskan ciri-ciri Moderasi Beragama serta bagaimana soal hubungan Agama dan Negara.

Walikota Andrei Angouw dalam membacakan sambutannya menjelaskan tentang pedoman berbangsa dan bernegara.

“Kita patut mensyukuri keadaan Bangsa kita yang berdasarkan Pancasila dimana agama ikut menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara,” kata Andrei Angouw.

Walikota berharap, para tokoh agama bisa berperan penting dalam menjaga keberagaman beragama di Kota Manado.

“Lewat tokoh-tokoh agama bisa dilibatkan untuk menjaga Kota Manado ini termasuk menjaga Bangsa Kita tercinta. Pergaulan sesama agama untuk dapat berbaur satu sama lain agar saling mengenal dan saling memahami keberagaman yang ada. Kita negara religius dan bukan negara agama, tapi kita adalah negara yang beragama,” kunci Walikota.

Hadir dalam Kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulut KH. Sarbin Sehe S.Ag, M.Pdi, Forkompimda Kota Manado, Kabid Kesra Setda Kota Manado, Otniel Tewal S.Sos, M.M, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Hj. Rogaya Udin M.Pd, Ketua MUI, Ketua Bamag Manado, Ketua BKSAUA, Pimpinan Walubi, PHBI, Para Tokoh Agama serta Ormas Lintas Agama, Ormas Pemuda Agama, Camat Paal II, Lurah Taas dan Lurah Paal IV, Parah Penyuluh Agama PNS dan Non PNS.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *