Peduli Lingkungan, PPAT dan BSG Tanam Bibit Mangrove dan Lepas Anak Penyu di Bunaken

Headline, Ekonomi, Manado120 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Pulau Bunaken, pada Jumat (07/07/2023) – Sehubungan dengan Gerakan Nasional Rezim 21 Tahun APU PPT, PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dan Bank SulutGo hari ini bergabung untuk menyelenggarakan acara penting di pulau Bunaken, Sulawesi Utara.

Kegiatan  penanaman 3.000 bibit pohon mangrove dan pelepasan 500 tukik penyu ke laut, sebagai simbol komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Acara yang dihadiri oleh para tamu terhormat antara lain Sekretaris Utama PPATK Irjen Pol Alberd Sianipar, Sik,MH didampingi Kepala Biro PPATK Albert Huppy Wonde, Gubernur Sulut yang diwakili Inspektur Provinsi Sulut, Meky Onibala, Pangdam 13/Merdeka diwakili Kaposahli Pangdam Brigjen TNI Patar Panggabean, Kapolda Sulut diwakili Kapolresta Manado, AKBP Julianto Sirait, Kepala OJK SulutGoMalut Winter Marbun, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indoneia Sulut Fernando Butarutar, Walikota Manado diwakili Kepala BKAD Peter Assa, dan Direktur Umum Bank SulutGo Joubert Dondokambey, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mangrove.

Ekosistem dan konservasi biota laut di wilayah tersebut. Inisiatif ini sejalan dengan tujuan yang lebih luas dari Gerakan Nasional Rezim 21 Tahun APU PPT, yang menekankan pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan.Hutan bakau memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir, karena bertindak sebagai penyangga terhadap erosi pesisir, menyediakan habitat penting bagi berbagai spesies, dan berkontribusi terhadap penyerapan karbon.

Menyadari signifikansinya, para peserta acara terlibat aktif dalam penanaman 3.000 bibit bakau, bekerja sama untuk memulihkan dan memperluas hutan bakau yang ada di Pulau Bunaken.Selain itu, acara tersebut juga menandai tonggak penting dalam konservasi keanekaragaman hayati laut dengan pelepasan 500 tukik penyu ke habitat aslinya.

Tindakan ini bertujuan untuk mendukung pelestarian spesies yang terancam punah ini, memungkinkan mereka untuk berkembang dan berkontribusi pada keseimbangan ekosistem laut.Sekretaris Utama PPATK Irjen Pol Alberd Sianipar, SIK, MH mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan menekankan pentingnya upaya kolaboratif dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. Direktur Umum Bank SulutGo, Joubert Dondokambey menekankan komitmen lembaga keuangan untuk pengelolaan lingkungan dan menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk inisiatif yang melindungi dan melestarikan sumber daya alam di wilayah tersebut.

Perwakilan dari Gubernur Sulawesi Utara, Meky Onibala dan Perwakilan dari Walikota Manado, Bpk Peter Assa memuji upaya bersama dari semua organisasi yang terlibat dan menekankan pentingnya inisiatif tersebut dalam memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi daerah tersebut.

Acara ini memamerkan kekuatan kolaborasi dan menunjukkan komitmen bersama kami untuk pelestarian lingkungan. Gerakan Nasional Rezim 21 Tahun APU PPT, bermitra dengan PPATK dan Bank SulutGo, tetap berdedikasi untuk menerapkan praktik berkelanjutan dan melindungi sumber daya alam Indonesia yang tak ternilai harganya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *