Lomba Debat FBKM 2023 Tampilkan Visi dari Soekarno

Headline, Manado, Pentas946 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Visi Soekarno untuk Indonesia dikupas tuntas dalam debat Bahasa Indonesia Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023, Sabtu (17/6).

Bertempat di panggung kedua FBKM area Dinas Pariwisata Manado, kegiatan diikuti puluhan siswa-siswi tingkat SMA sederajat.

“Visi Soekarno untuk Indonesia menjadi tema lomba ini, dengan ditinjau dari aspek pembangunan dan kemerdekaan yang telah diraih sampai saat ini,” beber Theo selaku salah satu juri.

Indikator penilaian menggunakan Asian Parliamentary, dimana para juri fokus pada isi debat (matter) ketimbang cara penyampaian (delivery) peserta.

“Disini kita gunakan indikator penilaian dari cara berpikir dan isi argumen mereka. Ini meliputi cara mereka membangun kasus dari awal, bagaimana relevansi dan justifikasinya, serta bagaimana struktur dan pengemasan materi yang mudah dimengerti,” lanjut Theo.

Di luar tema utama, peserta juga mendapat sub tema bebas. Sehingga peserta bisa menyisipkan pembahasan dari kategori umum, seperti lingkungan, feminisme, wisata, dan lain sebagainya.

Pemenang lomba akan diumumkan dalam malam penutupan FBKM 2023, sekaligus penyerahan hadiahnya.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *