DPRD Manado Sosialisasikan 4 Ranperda Sekaligus

Parlemen504 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) dibeberapa tempat untuk di ketahui masyarakat Manado.

Melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Manado menyelesaikan tugas sosialisasi mengenai rancangan peraturan daerah (ranperda) sebanyak empat buah secara maraton dalam seminggu.

Ada pun, empat Ranperda itu adalah Ranperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Pajak Daerah, Pedoman Penamaan Jalan dan Retribusi Daerah.

Sosialisasi ranperda dilakukan di 11 Kecamatan di Kota Manado, di awali di Kecamatan Tikala, Kecamatan Malalayang, Kecamatan, Wanea dan Tuminting, Sario, Wenang, Mapanget dan terakhir di Kecamatan Singkil.

Wakil Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone dan Wakil Ketua Adrey Laikun, Ketua Bapemperda Sonny Lela memandu jalannya Sosialisasi ini.

Noortje Van Bone Berharap kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dimaksudkan agar dapat diserap langsung akan pentingnya ranperda dimaksud.

“Bersama warga, kami membawa ranperda, agar ketika diputuskan terlebih dahulu telah dimengerti. Ini, sesuai maksud sosialisasi berjalan,” ujar Van Bone, pada Selasa (11/10/2022).

Demikian juga, Ketua Bapemperda Soni Lela menambahkan, kalau tugas-tugas Bapemperda DPRD diawali bersama pemerintah untuk susunannya.

“Agar kemudian terdapat penyesuaian dengan Undang-undang (UU) Cipta Kerja berdasarkan tujuan akhirnya sudah jelas, itu untuk masyarakat,” tutur Soni.

Ketika sosialisasi berlangsung, masyarakat diberi kesempatan menyampaikan beberapa usulan atau masukannya, terkait empat buah ranperda tersebut.

Sembari berharap, agar ranperda tersebut dapat terisi, menjadi resmi sebagai peraturan daerah (Perda).

Turut berbicara pula Sekretaris Kota (Sekot) Manado Micler Lakat SH MH mewakili unsur Pemkot Manado ke warga.

Dia sampaikan, apa yang diusulkan masyarakat akan diteruskan ke dinas atau badan terkait.

Hadir dalam sosialisasi ini, anggota Bapemperda DPRD manado, Hengky Kawalo, Lily Walanda, Royke Anter, Benny Parasan, Mona Kloer, Jimmy Gosal, serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Manado.(lipsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *