oleh

Diam-diam Kementerian PUPR Bangun Kotaku di Alungbanua

Manado, Sumber Berita ID – Bekerja dalam senyap dengan hasil nyata ditunjukkan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat rupanya sudah melakukan pengerjaan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di kepulauan Bunaken tepatnya di Kelurahan Alungbanua Kecamatan Bunaken Kepulauan.

Kegiatan merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Program Kotaku dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota sebagai pelaku utama.

Dalam kegiatan program Kotaku di Alungbanua itu, sudah dilaksanakan pembuatan Instalasi air bersih dengan 2 sumur bor untuk melayani 83 rumah. Selain itu dibuat pula MCK umum untuk 8 rumah, bak air hujan untuk menjangkau 6 rumah dan saluran drainase di pemukiman warga.

Camat Bunaken Kepulauan, Imanuel Mandak menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan warganya yang berada di kepulauan.

“Sebagai Pemerintah Kecamatan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan juga Kota Manado yang telah memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat kepulauan Kecamatan Bunaken khususnya di Alungbanua,” kata Mandak pada Kamis (10/08/2022).

Warga setempat pun diminta untuk dapat mengelola dan menjaga fasilitasi yang sudah disediakan pemerintah tersebut.

“Selanjutnya kepada warga masyarakat Alungbanua, agar dapat mengelola dengan baik fasilitas yang sudah ada ini. Agar bisa berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat di Alungbanua. Terima kasih untuk para pihak yang telah aktif terlibat dalam kegiatan ini fasilitator, BKM, KSM, perangkat pemerintah dan masyarakat, Tuhan Memberkati,” ucapnya mengakhiri. (don)

Komentar

Tinggalkan Balasan