Banteng Sulut Gelar Pendidikan Kader Pratama, Siap Cetak Ribuan Kader Militan

Minut, Sumber Berita ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara siap mencetak para anggotanya menjadi kader melalui Program Pendidikan Kader Pratama. Kegiatan Pendidikan Kader ini dimulai dari Kota Manado dan akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Sulut serta dilaksanakan dalam beberapa gelombang.

Pada hari ini, Jumat (13/5) kegiatan pendidikan kader dilaksanakan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Manado bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Minahasa Utara, dan dibuka langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut, Olly Dondokambey.

Sebelum Ketua DPD memberikan sambutan dan arahan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado, dr. Richard Sualang memberikan laporan kepada DPD Partai. Richard Sualang menyampaikan bahwa kegiatan pendidikan kader yang dilaksanakan oleh DPC Manado akan berlangsung selama 2 hari untuk materi kelas yaitu Jumat s/d Sabtu, 13-14 Mei 2022, dan selanjutnya peserta akan mengikuti tugas dan pendidikan lapangan selama 1 bulan. Peserta yang mengikuti kegiatan pendidikan kader saat ini untuk Gelombang Pertama adalah 70 orang dan selanjutnya akan diagendakan kegiatan Gelombang Kedua. Kegiatan Gelombang Pertama ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur DPC Partai, Fraksi DPRD, Perwakilan PAC Partai, serta perwakilan Badan dan Sayap Partai yang terlebih dahulu diseleksi oleh Partai. Dalam kegiatan nanti para peserta akan mendapatkan materi-materi dari DPP Partai, DPD Partai, Badan Pendidikan dan Pelatihan PDI Perjuangan, dan juga unsur eksternal. Para peserta akan diberikan tugas-tugas dan wajib mengikuti kegiatan dengan tertib dan tuntas. Para peserta akan dinyatakan lulus, jika memenuhi seluruh syarat-syarat kelulusan yang sudah ditentukan.

Selanjutnya Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Pendidikan Kader Pratama di Sulut merupakan instruksi dari Kongres V PDI Perjuangan. Kepada seluruh DPC se-Sulut, DPD Partai telah menginstruksikan pelaksanaan gelombang pertama pendidikan dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2022 di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut, dengan target keseluruhan peserta minimal 2.000 anggota. DPC Kota Manado adalah DPC pertama yang melaksanakan Pendidikan Kader Pratama, selanjutnya akan diikuti oleh DPC lainnya.

Mengutip perkataan Bung Karno, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut yang juga Gubernur Provinsi Sulawesi Utara ini, menyampaikan tujuan pendidikan kader ini adalah untuk menciptakan kader-kader berkualitas.

“Jumlah anggota Partai yang banyak tidak akan ada gunanya tanpa diiringi oleh banyaknya kader-kader berkualitas yang memahami ideologi, mempunyai jiwa militan, berjiwa kepemimpinan, dan handal dalam mengelola organisasi,” ungkapnya.

PDI Perjuangan harus menjadi Partai yang teratur dalam ideologinya dan teratur dalam organisasinya. Partai politik itu bukan hanya muncul pada saat hajatan politik saja, tetapi harus benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Partai Politik, diantaranya rekrutmen dan pengkaderan, serta melaksanakan program-program kerakyatan.

“Karena itu dalam pendidikan kader ini, para peserta harus memahami ideologi, memahami aturan partai, memahami bagaimana menyelesaikan masalah dalam internal partai, serta memahami bagaimana program perjuangan Partai benar-benar bisa diimplementasikan di dalam masyarakat. Kekuatan partai bukan hanya ada di petugas partai yang duduk di jabatan eksekutif dan legislatif, tapi juga ada di struktural Partai yang diharapkan diisi oleh kader-kader Partai yang handal dan berkualitas,” tambahnya.

Dalam acara pembukaan pendidikan kader ini, hadir pula kader-kader PDI Perjuangan se-Sulut yang duduk sebagai Kepada Daerah/Wakil Kepala Daerah di antaranya Drs. Steven Kandouw, Franky Wongkar, Andrei Angouw, Joune Ganda, Royke Roring, Iskandar Kamaru, Caroll Senduk, Amin Lasena, dan Deddy Abdul Hamid.

Hadir pula perwakilan dari Unsur TNI untuk memberikan materi terkait wawasan nusantara.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *