oleh

Hillary Tanggapi Mulan Jameela dan Keluarga Hillary Karantina Dirumah: Sah-sah Saja

Jakarta, Sumber Berita ID – Jagat media sosial diramaikan oleh isu keluarga Ahmad Dhani, termasuk anggota DPR Mulan Jameela, tidak menjalani karantina selepas dari Turki. Anggota Komisi III DPR RI dari Partai Nasionalis Demokrat (NasDem) Hillary Brigita Lasut SH, LLM menangapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa sebenarnya itu sah-sah saja dan tidak dilarang oleh undang-undang.

“Dan secara aturan tidak ada larangan anggota keluarga mendampingi saat melakukan kunjungan kerja kemanapun karena dibiayai sendiri dan tidak ikut dalam kegiatan inti kunjungan seperti rapat-rapat dan kunjungan pengawasan,” ujar HBL panggilan keren Hillary Brigita Lasut via Whatsapp kepada media ini pada, Minggu (12/12/2021) malam.

Politisi Nasdem itu berpendapat tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan Mulan Jameela, rekan kerjanya di parlemen.

“Menurut saya itu sah-sah saja. (Karantina di rumah) tidak dilarang oleh undang-undang,” kata Hillary.

Dari sudut pandang hukum, Hillary menutur antara Anggota DPR RI dan presiden, adalah setara. Bahkan menurutnya, tidak etis bila presiden menjalani karantina di Istana Bogor sedangkan Anggota DPR RI harus karantina di Wisma Atlet.

“Takutnya nanti mendiskreditkan kesetaraan lembaga. Secara DPR RI mengawasi kinerja presiden. Presiden harus dikarantina di wisma juga apabila DPR dikarantina di Wisma Atlet,” urainya.

Di sisi lain menurut Hillary, secara aturan tidak ada larangan anggota keluarga mendampingi Anggota DPR RI saat melakukan kunjungan kerja kemanapun karena dibiayai sendiri.

“Tidak ada larangan. Selain dibiayai sendiri, anggota keluarga itu tidak ikut dalam kegiatan inti kunjungan seperti rapat-rapat atau kunjungan pengawasan,” tegasnya.

Anggota DPR RI termuda ini kemudian menilai tidak ada yang berbeda dan tidak ada yang istimewa sebenarnya apabila dari sudut pandang aturan sehingga keluarga Mulan Jameela melakukan karantina di rumah sekembali dari Turki.

“Tidak dilarang, karena berarti masing-masing rumah anggota dewan seperti dibuat menjadi lokasi karantina dengan kapasitas kecil. Secara keamanan untuk karantina, tidak ada bedanya dengan hotel. Apalagi kalau rumah dinas, banyak sekali pengawas dan rumahnya berdempet dan sanksi sosial ketika keluar rumah hampir dapat memastikan anggota yang karantina tidak berani keluar rumah,” tutup Legislator Dapil Sulawesi Utara itu.

Sebelumnya, Istri musisi Ahmad Dhani itu diduga melanggar aturan karantina usai berlibur ke Turki. Pasangan musisi itu ditemukan sedang asyik ngemol.

Komandan Satgas Udara Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono saat dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan, keluarga Ahmad Dhani dan Mulan Jameela mendapatkan rekomendasi karantina mandiri di rumahnya.

“Mereka dapat karantina mandiri dari BNPB yang mana dalam aturan itu salah satunya, orang tersebut merupakan pejabat negara,” katanya dikutip dari tvOnenews.com, Minggu, 12 Desember 2021.(don)

Komentar

Tinggalkan Balasan