oleh

Di Tangan AA-RS, TPA Sumompo Kini Sudah Berbeda

Manado, Sumber Berita ID – Kondisi Tempat Pembuangan (TPA) Sumompo sudah jauh berbeda saat ini. Dahulu, tempat hanya dihuni oleh sekelompok pekerja sampah saja. Tapi kini, berbagai kegiatan sudah bisa dilaksanakan di tempat ini, seperti pelaksanaan vaksinasi oleh DPC PDI Perjuangan pada Jumat, (24/09) yang digelar di lokasi tersebut.

Warga berbondong-bondong datang ke lokasi TPA tanpa mengeluhkan bau busuk yang dikeluarkan oleh sampah.

Dari pantuan media ini, air lindi disekitar TPA juga sudah kelihatan bening, tidak lagi berwarna coklat seperti beberapa waktu lalu. Diketahui, air lindi atau leachate adalah suatu cairan yang dihasilkan dari pemaparan air hujan di timbunan sampah yang menghasilkan bau yang kurang sedap.

“Untuk tempat penampungan lindi di bagian belakang TPA akan ditata kembali. Bekerja sama dengan Unsrat tahun ini mudah-mudahan cepat terlaksana,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Franky Porawouw.

Katanya kembali, air lindi tersebut mengeluarkan bau yang kurang sedap, sehingga perlu penanganan khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Penyemprotan enzim untuk mengurangi bau busuk dari sampah.

“Jadi bagaimana caranya kita agar masyarakat sekitar tidak lagi menerima bau busuk hasil dari lindi itu, yaitu dengan menata kembali TPA ini dan melakukan penyemprotan enzim dan kapur, sehingga masyarakat yang beraktivitas di tempat ini nyaman dan tidak terganggu bau busuk,” kata Porawouw kembali.

Diketahui, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Manado dan Fraksi PDI Perjuangan Kota Manado mengadakan sejumlah agenda di TPA Sumompo pada hari ini, dan kegiatan yang sedang berjalan saat ini adalah pemberian vaksinasi kepada warga.(bonds)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed