oleh

Vaksin Hebat Manado Tembus Angka 158 Ribu Orang

Manado, Sumber Berita ID – Sejak dicanangkan pada akhir Mei 2021, Program Vaksin Hebat yang diinisiasi oleh Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang, terus gencar dilaksanakan. Berbagai struktur sosial, ekonomi, dan pemerintahan menjadi sasaran program duet pemimpin Kota Manado.

Secara terukur, seluruh warga Kota Manado yang wajib vaksin, ditargetkan selesai menjalani 2 (dua) suntikan pada akhir tahun 2021.

Walikota Manado, Andrei Angouw pada saat berpidato di Sario pertengahan Mei 2021 menjelaskan alasan utama Pemkot Manado melaksanakan vaksinasi massal secara intens.

“Vaksinasi sangat penting. Karena Covid-19 ini virusnya bisa berpindah-pindah. Kalau semua sudah divaksin, maka virus tak lagi berpindah. Agar penderitaan kita akan berkurang. Memang sebagai makhluk sosial, manusia butuh bergaul. Di era Pandemi sekarang torang boleh bergaul tapi kita harus pakai masker, tak boleh kumpul-kumpul. Virus harus dihentikan. Kita harus secepatnya di vaksin agar virus tak berpindah lagi. Kami menargetkan jumlah vaksinasi per hari dapat mencapai angka 7.000 orang per hari, 140.000 orang per bulan dengan estimasi 20 hari kerja, Vaksin Hebat diperkirakan mencapai angka 420.000 untuk 3 bulan, pelaksanaan secara simultan pada berbagai sektor kehidupan masyarakat,” kata Walikota.

Instansi teknis pelaksana Vaksinasi Covid19, Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Joy Zekeon ketika dikonfirmasi Selasa 29/06 menjelaskan vaksinasi secara masif menjadi langkah strategis pemerintah.

“Vaksinasi secara massif memang menjadi langkah yang sangat strategis dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Pak Andrei Angouw dan Pak Richard Sualang. Tidak hanya massif, tetapi gerak cepat terukur ini menggunakan basis data terpadu sehingga kami sangat dimudahkan dalam mellihat pergerakan secara realtime melakukan langkah-langkah terkait penanganan dan pencegahan Covid19. Basis data terpadu ini terutama dapat merekam warga secara by name dan by adress yang dilayani vaksinasi baik suntikan pertama maupun suntikan kedua. Pada beberapa lokasi, Pak Walikota, Pak Wakil Walikota, Ibu Walikota, Ibu Wakil Walikota, dan Pak Sekda berkesempatan mengunjungi dan menyaksikan langsung warga yang mendapatkan pelayanan vaksin. Ini menjadi stimulus bagi warga untuk berbondong-bondong mendatangi berbagai lokasi vaksinasi.” ujar Dokter Joy.

Joy menambahkan, bahwa sejak dicanangkan Vaksin Hebat Manado, dari target sasaran sebanyak 369.259 orang, sudah 158.040 orang atau 42.7% yang melaksanakan Vaksinasi Dosis Satu. Sementara yang sudah melaksanakan Vaksinasi Dosis Tahap Dua mencapai angka 62.734 orang atau hampir 17%.

“Dari segi target, capain dapat dikatakan melampaui karena pada bulan pertama dengan 20 hari kerja yang ditargetkan 140 ribu. Tapi mengingat masih tingginya jarak capaian vaksin dosis kedua yang hampir mencapai selisih 100 ribu, kami bertekad memaksimalkan berbagai potensi stakeholder di antaranya menyasar pusat perbelanjaan dan perguruan tinggi seperti Universitas Sam Ratulangi serta berbagai tempat ibadah dan lokasi lainnya,” ujar Dokter Joy kembali.

Animo masyarakat Kota Manado untuk divaksin beberapa hari terakhir mengalami peningkatan signifikan. Data dari Dinkes sendiri pada (28/05) kemarin, melayani 5.240 orang vaksin dosis satu dan 1.372 orang vaksin dosis kedua.

Perkembangan capaian jumlah vaksin di atas 150 ribu menjadi indikator positif terhadap dukungan sinergis Pemerintah Kota Manado terhadap Program Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam mencapai target 1,8 juta vaksin pada akhir tahun dan Program Presiden Joko Widodo dengan 1 juta Vaksin per hari pada Juli 2021 nanti.(bonds)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed