oleh

Viral, Pria Asal Tikala Daftar Kartu Prakerja, Dipanggil Ke Istana

Manado, Sumber Berita ID – Siapa yang menyangka, Rio Loginsi yang kehilangan pekerjaannya sebagai satpam akibat pandemik covid-19, mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

Nama lengkapnya, Stevenly Rio Loginsi, pria yang akrab dipanggil Rio ini bercerita, bermula saat dia diberhentikan dari pekerjaannya sebagai satpam, terus membanting setir menjadi driver ojek online, namun nasib baik belum memihak padanya, dikarenakan masa pandemik mengharuskan orang-orang harus bekerja dari rumah.

“Waktu jadi satpam di salah satu bank swasta, perusahaan yang menaungi saya terpaksa harus mengurangi karyawan karena masa pandemik covid-19, dan saya salah satu karyawan yang harus diberhentikan,” tutur Rio saat dihubungi media ini lewat sambungan Messenger, Rabu (17/03).

Tak kehilangan akal, pria yang berdomisili di kecamatan Tikala ini pun harus banting setir menjadi pengemudi ojek online di salah satu perusahaan di kota Manado.

“Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga saya, maka saya banting setir menjadi driver ojek online, namun pendapatannya tidak seberapa dikarenakan masa pandemik covid-19 diharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah, itu sekitar bulan Mei tahun lalu, nah disitulah saya mendengar informasi, mengenai program Kartu Prakerja. Saya langsung tertarik, lalu mendaftar, dan ternyata diterima,” ujarnya.

Setelah mengikuti pelatihan pemasaran yang diikutinya melalui Kartu Prakerja, Rio telah punya bekal dan memetik hasilnya. Ia kini telah bekerja di sebuah perusahaan operator seluler. Namun siapa sangka, berkat keuletannya dalam mengikuti pelatihan pemasaran melalui kartu prakerja, Rio pun mendapatkan undangan ke Istana Negara.

“Saya senang sekali Bapak Presiden Jokowi mengundang saya untuk datang ke Istana Negara, saya tak menyangka, pemerintah sangat perhatian untuk masyarakat kecil seperti kami ini, Terimakasih Pak Jokowi atas undangannya” tuturnya bersemangat.

Rio pun mengungkapkan pesan Presiden Jokowi kepadanya dengan mengatakan agar jangan berhenti belajar dan mengasah terus kemampuan.

“Pesan Bapak Presiden Jokowi adalah, jangan berhenti belajar dan terus menambah skill juga ketrampilan,” ungkapnya.

Harapan Rio ke depannya, pemerintah terus menjalankan program kartu pra kerja ini, karena menurutnya kartu prakerja ini sangat membantu warga dalam persaingan dunia usaha.

“Harapan saya ke Bapak Presiden agar program kartu prakerja ini di adakan terus karna masih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan kartu prakerja. Terlebih kartu prakerja bisa meningkatkan skill dan ketrampilan kita dalam bersaingan dalam dunia usaha dan pekerjaan”, tutupnya.

Program Kartu Prakerja pada tahun 2020 lalu menjangkau 5,6 juta penerima dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Program tersebut digulirkan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing. Dalam pelaksanaannya tahun ini, program Kartu Prakerja juga diarahkan untuk mendorong kewirausahaan para penerima.(*/bonds)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed