oleh

Diresmikan Presiden Jokowi Tol Manado-Bitung Terpanjang di Sulawesi

Manado, Sumber Berita- Tol Manado-Bitung diresmikan secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dari istana Bogor, Selasa (29/09).

Total panjang jalan tol Manado-Bitung adalah 40 km dan menjadi yang terpanjang di Pulau Sulawesi. Namun untuk saat ini, yang sudah selesai dan sudah siap dioperasikan adalah ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 KM.

“Alhamdulilah, jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km sudah selesai, sudah rampuang, dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,” kata Jokowi lewat video conference dari Istana Bogor saat peresmian.

Kehadiran jalan tol Manado-Bitung ini menurut Jokowi akan mempersingkat waktu tempuh dari Manado ke Bitung atau sebaliknya. “Kalau biasanya waktu tempuh Manado-Bitung ini 1,5 jam, maka dengan lewat tol hanya setengah jam saja. Jadi terjadi penghematan waktu yang sangat besar,” ujar Jokowi yang pada bulan Juni lalu telah berkunjung untuk melihat progres pembangunan tol ini.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yang hadir langsung di tempat persemian di gerbang tol Manado-Bitung menyampaikan, total investasi pembangunan Tol Manado-Bitung ini sebesar Rp5,12 triliun. Konstruksi untuk ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN Kementerian PUPR. Sedangkan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga. “Jadi jalan tol Manado-Bitung ini dilaksanakan dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha,” kata Basuki.

“Terima kasih kepada seluruh Kementerian, Lembaga, pemerintah daerah, kontraktor, konsultan, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat setempat atas kerjasama selama pembangunan tol ini,” ujarnya.

Direktur Utama PT. Jasamarga Manado-Bitung, George Manurung mengatakan, pengoperasian ruas Manado-Danowudu dilakukan secara bertahap. “Untuk ruas Manado-Kauditan dioperasikan mulai 30 September 2020. Sedangkan Kauditan Danowudu mulai 3 Oktober 2020. Akses masuk tol menggunakan kartu elektronik payment,” kata Manurung.

Manurung mengatakan, untuk dua minggu pertama, masyarakat dapat menggunakan tol Manado-Bitung ini secara gratis.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed