Walikota Manado Hadiri Lebaran Ketupat di Ternate Baru

Headline, Manado, Mimbar291 Dilihat

MANADO, Sumber Berita ID – Masyarakat Kelurahan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Kota Manado, merayakan lebaran ketupat yang dirangkaikan dengan acara Halal Bi Halal oleh Pemuda Remaja Masjid Jami’ Miftahul Jannah, Ternate Baru, pada Sabtu 27/4/2024.

Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Manado, Andrei Angouw, mengangkat tema “Dengan Semangat Halal Bi Halal 1 Syawal 1445-H, Kita Pererat Tali Persaudaraan Untuk Kerukunan Kota Manado”.

Untuk hikmah Halal Bi Halal, panitia menghadirkan penceramah Ustadz Yaser Bin Salim Bachmid, yang juga selaku ketua MUI Manado.

Selain dihadiri oleh Walikota, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Manado Hj. Rogaya Udin S.Pd, M.Pd didampingi oleh Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umroh, Hi. Fahrin Pole, Sekertaris Dewan Kota Manado, Herry Saptono, Anggota DPRD Manado, Rosalita Manday, Stafsus Walikota, Fanny Mantali, Camat Singkil, Fadly Kasim SH, Kepala KUA Mapanget, Suryanto Muarif MH, Lurah Ternate Baru, Sidik Moha SE, Lurah Ketang Baru, Suriyanti Nurdin SE, BTM, Majelis Taklim, serta imam Masjid Miftahul Jannah, Hi. Robi Polihu.

Sementara itu, Walikota Andrei Angow pada sambutannya mengaku bangga dengan adanya perayaan lebaran ketupat. Karena menurutnya, tradisi ini hanya ada di Sulawesi Utara (Sulut), dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat.

“Saya merasa bangga dengan tradisi ini yang tujuannya untuk saling bersilaturahmi antar sesama warga kota Manado tanpa memandang agama, suku, dan status sosial. Sebab, semua agama juga mengajarkan Silaturahmi saling maaf memaafkan. Sebagai contohnya dalam doa bapa kami oleh orang Kristen yang didalamnya memohon ampuni dosa kami seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami,” ucap Andrei Angow.

Ia juga berharap, sebagai orang yang beragama, kita harus mengamalkan ajaran agama masing-masing. Selain itu, Andrei Angow juga meminta kepada kaum muslimin yang taat mengamalkan ajaran agama harus mengajak, merangkul, membimbing, dan membina orang yang jauh dari agama.

“Karena agama merupakan dasar untuk membangun negara khususnya daerah kota Manado. Torang jangan memperhatikan orang yang selalu berada di masjid, tapi harus juga memperhatikan mereka yang tidak lagi datang ke masjid. Cari tau apa masalahnya, jangan sampai ada problem sosial yang dihadapi, dan ini menjadi tanggungjawab tokoh agama dan tokoh masyarakat,” harap Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota atas nama pemerintah dan masyarakat kota Manado menyampaikan selamat berhalal bi halal, mohon maaf lahir dan bathin.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia Halal Bi Halal dan lebaran ketupat kelurahan Ternate Baru, Firman Huntuma, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah datang bersilaturahmi pada lebaran ketupat, terlebih khusus buat Walikota.

“Dengan dihadiri oleh Walikota Manado, bapak Andrei Angow, suasana silaturahmi terasa spesial oleh warga kampung Ternate Baru,” sebut ketua panitia, Firman Huntuma.

Adapun suasana silaturahmi lebaran ketupat di kampung Ternate Baru, terlihat sangat banyak dikunjungi warga dari berbagai kelurahan di kota Manado. Bahkan banyak juga yang datang dari luar Manado. Apalagi dengan kehadiran Walikota, menambah spesial bagi warga Ternate Baru yang tak ketinggalan momen berselfie ria dengan orang nomor satu kota Manado. (lipsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *