Hadapi Musim Penghujan Andrei Angouw Pantau Titik Rawan Banjir

Manado, Sumber Berita ID – Walikota Manado Andrei Angouw mengawali aktifitasnya dengan mengunjungi beberapa lokasi untuk melihat berbagai fasilitas infrastruktur di Kota Manado, pada Jumat (19/01/2024). Diketahui, pada awal tahun 2024 ini, Kota Manado dan sekitarnya sedang dilanda cuaca ekstrim. 

Lokasi pertama dikunjungi Walikota yakni Kompleks stadion Klabat untuk melihat kondisi saluran air disini. Selesai dari Stadion Klabat, Wali Kota menuju Jalan Flamboyan Sario, juga melihat kondisi drainase dan saluran air. Dari Flamboyan, Wali Kota menuju Karame, tepatnya di lingkungan Satu. Lokasi teakhir dikunjungi adalah Kairagi Weru depan Taman Makam Pahlawan (TMP), juga melihat kondisi parit-parit yang tersumbat.

Walikota melihat kondisi drainase dan parit-parit termasuk melihat sampah yang ada di parit-parit. Hal ini sebab adanya hujan beberapa hari terakhir. Tentunya situasi dan keadaan ini akan mempengaruhi kapasitas parit dan saluran air dalam menampung debet air yang besar yang ikut membawa sampah masuk kedalam parit dan saluran-saluran air. Kondisi drainase dan saluran-saluran air yang tersumbat oleh sampah menjadi perhatian serius Wali Kota.

Walikota mengatakan, hasil pengamatannya tersebut akan dievaluasi dan dianalisa untuk selanjutnya mengambil kebijakan.

“Semua hasil amatan di lapangan ini tentunya dianalisa untuk pengambilan kebijakan dan program ke depan. Kendati demikian, walau hujan beberapa hari ini, ancaman banjir atau genangan air dijalan dan rumah-rumah penduduk bisa diminimalisir seminim mungkin,” ujar Angouw.

Kondisi sejumlah titik rawan banjir terpantau dalam keadaan aman.

“Makanya kondisi beberapa tahun lalu dimana banyaknya pemukiman tergenang air karena meluap dari sungai, anak sungai dan parit-parit ketika hujan deras, saat ini tidak terlihat lagi, ” ujarnya.

Perbaikan infrastruktur termasuk perbaikan drainase, saluran air dan lain sebagainya diperuntukkan demi kenyamanan warga Manado.

Hadir mendampingi Wali Kota dilapangan Kadis PUPR Jhonny Suwu S.T dan Kabid, Kadis Perkim Piter Eman S.T dan Kabid Novy Ponto, serta Camat Sario, Lurah dan Ketling dilokasi yang dikunjungi.(lipsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *