Survei Internal TPN: Ganjar – Mahfud Naik Signifikan, Prabowo – Gibran Turun

Jakarta, Sumber Berita ID – Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo – Mahfud MD menyatakan, dari hasil gabungan survei konvensional, big data analitik media dan kelompok diskusi terfokus (FGD) di beberapa kota, elektabilitas Ganjar-Mahfud menunjukkan peningkatan atau membaik secara signifikan.

Hal itu disampaikan Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Mahfud TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto pada konferensi pers di Media Lounge TPN, Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Desember 2023.

“Gabungan triangulasi data selama 7 hari terakhir menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud mencapai mencapai 35 persen. Sementara data dalam 24 jam terakhir, perolehan itu bahkan naik hingga 37 persen,” kata Andi.

Di sisi yang sama, suara Prabowo-Gibran sepekan lalu ada di 42,6 persen dan hari ini di 41,1 persen, sementara suara Anies 7 hari lalu di 22 persen dan hari ini di 21,7 persen.

“Dari mesin terpercaya yang kami pakai sejak 2018, kalau tidak ada kejadian dadakan, maka suara pasangan calon 01, 02, dan 03 akan stabil di angka ini hingga 14 Februari 2024,” kata Andi.

Ia menjelaskan, kejadian dadakan atau faktor-faktor tak terduga itu misalnya kejadian signifikan seperti blunder pada debat ketiga, keempat, dan kelima, atau skandal maupun kesalahan fatal yang dilakukan salah satu pasangan calon atau tim suksesnya.

 

Andi memaparkan, selama 7 hari setelah debat capres-cawapres berlangsung, media analitik TPN menunjukkan bahwa sentimen positif Ganjar Pranowo mencapai 41,2 persen, dan Mahfud MD ada di 38,4 persen. Sementara itu, sentimen negatif Ganjar Pranowo pascadebat ada di 15 persen dan Mahfud MD di 18,6 persen.

 

“Mengamati pergerakan sentimen dari debat 1 dan 2 ini, Ganjar – Mahfud cenderung ada di wilayah sentimen positif, dan tak pernah masuk di ranah negatif. Pasangan lain cenderung negatif, kecuali Anies Baswedan yang selalu positif di angka 23,6 persen pada 24-27 Desember 2023. Sementara Prabowo dan Muhaimin negatifnya sama di 30,6 persen, sementara Gibran sentimen negatifnya mencapai 28,3 persen,” urainya.

 

Andi menguraikan substansi-substansi ringan yang menyumbang sentimen positif bagi pasangan Ganjar-Mahfud misalnya dikenakannya busana tradisional Rote, Madura, serta baju ungu, dan baju pink pada debat capres-cawapres kedua, 22 Desember lalu. “Selain itu, Mahfud MD secara substansi muncul dengan status terkuatnya sebagai ahli hukum yang membahas masalah ekonomi. Termasuk gaya komunikasi mengucapkan kata ‘selesai’, yang kemudian jadi trending,” kata Andi.

 

Sebaliknya, pertanyaan-pertanyaan Gibran yang dinilai netizen menjebak justru menyumbang sentimen negatif bagi Paslon 02. “Salah satu keunggulan Mahfud karena saat penutupan debat menyebut 21 program unggulan senilai Rp 500 triliun dalam 5 tahun dibandingkan 1 program makan siang gratis dengan nilai kurang lebih sama,” kata Andi.

Andi menegaskan, dilihat dari perkembangan yang ada maka strategi kampanye Ganjar-Mahfud sudah bergerak di jalur yang tepat.

“Rebound-nya sudah terjadi. Dengan data objektif hari ini, kami harus mulai persiapkan strategi untuk putaran kedua. Butuh sesuatu yang signifikan untuk membuat Pilpres ini berlangsung satu putaran,” kata Andi.

Soal siapa yang akan berlaga di putaran kedua Pilpres 2024, Andi memprediksi itu nanti seperti menebak siapa juara Liga Inggris 2023/2024. “Di Liga Inggris musim ini tiba-tiba ada kejutan Aston Villa masuk 5 besar. Tapi, kalau ditanya siapa juaranya, saya tetap akan memegang Liverpool atau Manchester City, dan bukan Villa,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud Eko Kunthadi membenarkan bahwa dari data termutahir, tren Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. “Isu satu putaran sering digembar-gemborkan untuk mensimplifikasi agar masyarakat terbuai. Dengan basis data hari ini, kami yakin Pilpres akan berlangsung dua putaran antara Paslon 02 dan Paslon 03,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Pemenangan Daerah (TPD)  Ganjar – Mahfud Sulawesi Utara, mengaku optimis pasangan tersebut akan meraih kemenangan di bumi nyiur melambai.

“Dari hasil survei ini jelas terlihat adanya progress yang signifikan. Angka elektabilitas pasangan Ganjar Mahfud menunjukan trend positif dengan stabil bergerak naik. Artinya apa yang kita kerjakan selama ini sudah berada pada jalur yang benar,” kata perwakilan TPD Sulawesi Utara, Astrid Kumentas, pada Kamis (28/12/2023).

Tim pemenangan bersama sejumlah relawan yang sudah terbentuk untuk memenangkan pasangan Ganjar – Mahfud (GAMA) menurut Kumentas sementara bekerja menawarkan program unggulan sampai ke akar rumput.

“Terus bergerak turun menyapa rakyat yang dilakukan oleh seluruh pilar baik dari Pak Ganjar, Pak Mahfud, para kader, relawan dan simpatisan adalah modal penting dalam memenangkan Pemilu 2024 nanti. Karena kami meyakini bahwa pesta demokrasi ini tidak hanya sekedar kompetisi elektoral melainkan untuk menghidupkan nilai nilai kebangsaan yang membangun dan mensejahterakan. Bahwa pesta demokrasi itu harus membawa harapan dan kebaikan. Ketulusan dan keseriusan Pak Ganjar dan Pak Mahfud untuk mengabdi bagi bangsa ini jelas terlihat dan dirasakan oleh rakyat. Itulah salah satu kunci yang menjadikan sentimen positif terhadap pasangan ini terus menguat setiap harinya,” tukas Kumentas.

“Kami siap tempur, all out dengan segala kemungkinan sampai ke dua putaran, dengan gotong royong dan soliditas, Sulawesi Utara akan mempersembahkan kemenangan spektakuler Ganjar Mahfud untuk rakyat,” tutupnya. (*/don)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *