Nyaman dan Bersih Alasan Warga Luar Daerah Mengais Rejeki di Kota Manado

Headline, Ekonomi, Manado822 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Manado, kota yang sudah berusia 400 tahun memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan kota. Keragaman warisan sejarah, budaya, nilai dan pola hidup masyarakat serta kepercayaannya, tercermin dalam wujud fisik kota. Dari segi historis Pusat Kota Manado bertumbuh di sekitar daerah pelabuhan pun sejalan dengan perekonomiannya.

Pusat Kota Manado, sebagai historic city, diperkaya oleh lokasinya yang berada di pesisir pantai dan sungai sehingga memiliki daya tarik lingkungan alami. Potensi alami dan peninggalan peradaban kota sudah ditunjang oleh infrastruktur yang memadai dan perancangan kota.

Hal menarik, ketika kita melihat berbagai elemen masyarakat dari berbagai daerah berkunjung dan tidak sedikit pula yang menetap untuk sekedar mengais rejeki di ibukota provinsi Sulawesi Utara ini.

Kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang seakan menjadi titik balik kebangkitan Kota Manado. Bukan tanpa bukti, berbagai kemajuan dari segi perekonomian penduduk sampai infrastruktur terpampang nyata untuk dilihat.

Walikota Andrei Angouw mengatakan kebersihan dan kenyamanan kota menjadi magnet tersendiri warga luar daerah datang ke Manado.

“Pelabuhan Manado adalah pintu masuk Kota Manado. Disamping kenyamanan dan kesehatan warga, kota yang bersih akan menarik pengunjung untuk datang dan berbelanja di kota Manado, dengan demikian PDRB Kota Manado akan meningkat, ” kata Walikota ketika mengunjungi pelabuhan tua Manado, Jumat (22/092/2023).

Diketahui, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) memang adalah salah satu indikator yang digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi makro suatu wilayah. Selain itu, juga biasa digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah.

Jika besaran PDRB tinggi maka diharapkan mampu menggambarkan kesejahteraan ekonomi di wilayah tersebut juga tinggi dan berlaku juga sebaliknya. Secara akademis, banyak penelitian yang menunjukan bahwa variabel PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia pada umumnya dan di daerah-daerah seperti provinsi dan kabupaten kota pada khususnya.

“Semakin tinggi PDRB, semakin terbuka pula kesempatan masyarakat Kota Manado untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Walikota Manado pada kerja bakti bersama ASN dan THL Pemkot Manado di sekitar Pelabuhan Manado.

Warga kota Manado diharapkan bisa menjaga dan memelihara stabilitas keamanan dan kenyamanan yang sudah tercipta. Disamping itu, infrastruktur dan kebersihan kota harus di jaga dan dilestarikan.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *