Pidato Legendaris Soekarno “To Build The World A New” Diangkat Sebagai Tema FBKM 2023

Manado, Sumber Berita ID – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah menetapkan arsip pidato Presiden Soekarno di Sidang Umum PBB 1960, sebagai Memory of the World (MoW) atau Arsip Warisan Dunia. Naskah pidato yang berjudul To Build The World A New (Membangun Dunia Kembali) ditetapkan pada 25 Mei 2023.

Penetapan ini menjadi tonggak bagi Indonesia untuk kembali memposisikan diri dalam percaturan geopolitik global.

Menyadari posisi Sulawesi Utara khususnya Manado yang berada di gerbang Pacific, dan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai persatuan serta kesatuan yang terkandung dalam pidato Bung Karno di masyarakat, Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang (AARS) mengangkat judul pidato legendaris itu, sebagai tema perhelatan Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023.

“Festival Bung Karno Manado telah ditetapkan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota sejak tahun 2022. Kegiatan kali ini menjadi wadah mengaktualisasikan seruan solidaritas, yang terkandung dalam Pidato Bung Karno berjudul ‘Membangun Dunia Kembali’,” ujar Ketua Panitia FBKM 2023, Irene Golda Pinontoan, Rabu (14/06/2023).

“Melalui tema tersebut, Walikota Andrei Angouw¬† dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang sebagai pemimpin Kota Manado menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membangun kota ini,” tambah Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Manado itu.

Selain itu, Astrid Kumentas selaku Sekretaris Panitia FBKM 2023 menjelaskan bahwa pemilihan tema ini merupakan bentuk perayaan atas ditetapkannya pidato Bung Karno tersebut sebagai Sejarah Dunia.

“Dalam pelaksanaan tahun kedua ini, sekaligus menjadi selebrasi atas ditetapkannya naskah pidato Bung Karno ‘To Build The World A New’ sebagai Memory Of The World. Untuk itu, apresiasi atas diakuinya Pancasila sebagai ideologi internasional kami aktualisasikan dengan kolaborasi dan gotong royong dalam FBKM,” ujar Staf Khusus Walikota Manado Bidang Pengawasan Pembangunan Daerah itu.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Kota Manado, terutama generasi muda tentang sejarah, filosofi, dan nilai-nilai Pancasila. Ini sekaligus menggelorakan kembali semangat juang dan pemikiran Bung Karno, serta untuk memperkuat institusionalisasi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang berdasarkan Pancasila 1 Juni,” tambah Astrid.

Nilai-nilai dalam pidato Soekarno akan diaplikasikan Pemkot Manado dalam rangkaian kegiatan FBKM 2023, yang akan berlangsung di area Dinas Pariwisata Manado pada 15-17 Juni 2023. (Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *