PDI Perjuangan: Selamat Paskah, Dedikasi Total Kristus Dalam Karya Penyelamatan, Perkuat Semangat Pengabdian Bagi Bangsa

Jakarta, Sumber Berita ID – PDI Perjuangan mengucapkan selamat memperingati Jumat Agung, bagi umat Kristen-Katolik. Peringatan tersebut sebagai satu rangkaian Trihari Suci dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan Minggu Paskah.

“Melalui Jumat Agung, dedikasi total Yesus Kristus dalam karya penyelamatan umat manusia dilakukan, dengan sengsara, wafat, dan kemudian bangkit pada hari ketiga, yang diperingati dengan Minggu Paskah”, kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam rilis media yang diterima redaksi, Jumat (07/03/2023).

Hasto menambahkan, karya penyelamatan tersebut juga sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Suatu negara akan kuat, sekiranya setiap anak bangsa memiliki dedikasi tinggi bagi bangsa dan negaranya. Pancasila membuat semua agama dan kepercayaan bisa mengekspresikan seluruh spiritualitasnya bagi kebaikan dan kebenaran, sebab falsafah Sila Ketuhanan berakar dari spirit bahwa Indonesia adalah negara yang berTuhan. Ketuhanan dalam makna hakiki meniru sifat Tuhan yang melandasi perilaku hidup warganya sesuai agama dan kepercayaannya”, ujar Hasto.

Atas dasar hal tersebut, maka konstitusi menjamin kebebasan beragama untuk menjalankan agama dan kepercayaannya secara bebas, namun mengedepankan toleransi, hormat menghormati, dan juga digerakkan oleh nilai kemanusiaan, kebaikan, musyawarah bagi terwujudnya keadilan dalan seluruh aspek kehidupan.

“Dalam praksisnya, agama berpihak pada yang miskin, terpinggirkan dan mereka yang diperlakukan tidak adil. Dalam bahasa Bung Karno, “Tuhan bersemayam di gubuknya orang miskin”, kata Hasto.

“Selamat Paskah. PDI Perjuangan sebagai Rumah Kebangsaan Indonesia Raya menghormati peringatan seluruh hari besar agama dan juga tradisi kepercayaan kepada Tuhan yang hidup dalam masyarakat Indonesia,” tambahnya.(*/don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *