Kesbangpol Mulai Sosialisasi Rekrut Calon Paskibraka Kota Manado

Info620 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pemerintah Kota Manado saat ini tengah melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan rekruitmen calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023.

Sosialisasi dimulai dari SMAN I Manado, Selasa (28/02/23). Kaban Kesbangpol Kota Manado Conny Lantu memberikan apresiasi buat Kepala Sekolah SMAN I Manado bersama jajaran yang sudah memberikan kesempatan buat tim dari Kesbangpol untuk mensosialisasikan terkait penerimaan calon Paskibraka tahun 2023.

Dijelaskan, kalau sebelumnya Dinas Pemuda dan Olahraga yang menangani terkait Paskibraka ini. Tapi pada tahun 2023 ini sudah berada di Kesbangpol untuk di pusat ada BPIP.

“Sebenarnya sesuai Perpres No 51 Tahun 2022 kalau mengikuti anggaran sudah berada di Kesbangpol namun pengusulan anggaran harus 1 tahun sebelumnya, jadi Kesbangpol mengusulkan di tahun 2022 dan realisasinya pada tahun 2023 ini, dan itulah hingga kami berada disini,” terang Lantu.

Perpres no 51 Tahun 2022 menurut Lantu untuk kegiatan rekruitmen dilaksanakan oleh Kesbangpol karena tahun ini tidak hanya dilatih untuk Paskibraka namun yang terpilih akan dikukuhkan sebagai duta Pancasila Purna Paskibraka dan akan  menjadi kader-kader bangsa.

“Silahkan mendaftar di paskibraka.bpip.go.id dengan usia mimimal 15 tahun saat pendaftaran dan maksimal 19 tahun dan semuanya sesuai petunjuk teknis BPIP. Tinggi badan untuk Putri Kota Manado tinggi 160-165 cm dan Pria 165-170  dan nanti untuk 2 orang yang terpilih akan diutus ke tingkat provinsi dengan tinggi Putri 165-170 cm Putra 170- 180,” terangnya.

“Mulai tahun 2023 ini untuk perekrutan calon Paskibraka melalui aplikasi secara online yang dimulai dari 17 Februari hingga 03 Maret  2023, dan ini berlaku di Seluruh Indonesia,” ujar Lantu.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN I Manado Jemmy Jeremias menyambut baik sosialisasi dari Kebangpol Kota Manado tersebut.

“Apresiasi kami berikan kepada Kesbangpol Kota Manado, karena percepatan pendaftaran Paskibraka ini berjalan dengan baik. Kami harapkan, proses perekrutan Paskibraka pada tahun ini bisa berjalab dengan transparan dan sesuai prosedur. Agar anak-anak yang terpilih nanti ada memang memiliki karakter, ideologi Pancasila, serta yang mampu menangkal radikalisme,” tutup Jeremias.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *