Catatan Penulis: HUT Kota Manado ke-399, Banjir dan Sampah Diatasi dengan Baik oleh AA-RS

Manado, Tepat hari ini, Kamis (14/07/2022) Kota Manado kini berusia ke – 399, tergolong dewasa dalam usia. Dari sisi perkembangan pembangunan suatu kota, Manado memilikinya.

Tak usah jauh-jauh memikirkan gedung bertingkat nan menjulang bak kota besar seperti Jakarta. Mengatasi banjir dan menangani masalah sampah merupakan suatu perkembangan menuju kota yang maju dan berkembang.

Walikota Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang (RS) tergolong mampu mengatasi hal tersebut. Perkembangan kota tinutuan pada setahun kepemimpinan AA-RS ini cukup signifikan. Titik-titik banjir dan genangan air sudah berkurang, walaupun ada airnya tapi cepat surut.

Kita contohkan, lokasi langganan banjir di seputaran Tikala. Dahulu, tempat ini sangat cepat tergenang air apabila turun hujan deras. Tapi saat ini, normalisasi saluran air yang dilakukan oleh AA-RS sudah berdampak signifikan, air pun cepat mengalir ke hulu.

Lokasi Sindulang Satu, yang dahulunya sangat rentan terjadi genangan air akibat hujan. Namun kini sudah tidak lagi. Bahkan, warga setempat memberikan apresiasi atas pekerjaan AA-RS tersebut.

Stadion Klabat, puluhan tahun tidak ada solusi dan jalan keluar yang signifikan dari pemerintahan sebelumnya untuk mengatasi banjir yang selalu terjadi hampir setiap tahun. Namun kini pengerjaan normalisasi dan perbaikan jalan sudah dilakukan oleh PUPR Kota Manado. Dan terbukti, hujan deras yang terjadi sekarang ini sudah tidak menjadi ancaman warga sekitar.

Berikut mengenai masalah sampah. Sudah menjadi target awal sejak dilantik, AA-RS langsung action dengan menugaskan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar TPA Sumompo yang menjadi biang masalah sampah di Kota Manado di optimalkan lahannya, sambil menunggu TPA regional di Ilo-ilo.

Kini, tergantung kita masyarakat Kota Manado, bagaimana untuk menjaga pembangunan yang sudah dilakukan oleh AA-RS, sambil kita mengubah minset kita dalam cara menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Pembangunan suatu kota akan tercapai apabila kita mampu mengimbangi kinerja pemerintah. Selamat Hari Ulang Tahun Kota Manado yang ke – 399, Manado Maju dan Sejahtera.

Penulis

Donny Sumilat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *