oleh

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Manado Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Peran dan Fungsi di Jakarta

Jakarta, Sumber Berita ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan se-Indonesia menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek). Didalamnya, turut dihadiri oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Manado. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, pada Selasa, (14/06/2022).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Manado, Dra.Aaltje Dondokambey, M.Kes, Apt mengatakan, tujuan mengikuti kegiatan Bimtek oleh Fraksi PDI Perjuangan Kota Manado adalah untuk meningkatan kapasitas, Pperan dan fungsi Anggota DPRD.

“Kegiatan ini penting untuk diikuti, karena menyangkut kinerja mereka pada fungsi dan peran mereka di DPRD, dan tentunya juga untuk meningkatkan kapasitas peran mereka pada lembaga dan ke masyarakat,” tukas ketua DPRD Kota Manado ini.

Dia pun berharap anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kota Manado bisa menjalankan fungsinya dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan pusat dan daerah. Pasalnya, peran itu ditentukan oleh kemampuan memahami seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan.

Dengan demikian, para kader mampu melakukan fungsi pengawasan, legislasi, dan budgeting dengan baik. Karena itu, penguatan kapasitas partai politik (parpol) dan pembangunan kelembagaan parpol menjadi penting.

“Ketiga fungsi tersebut merupakan satu kesatuan peran yang harus dilaksanakan kader partai politik di DPR dan DPRD,” ucap Dondokambey.

Para kader harus hidup di tengah masyarakat dan turun langsung menemui mereka yang tergolong miskin. Langkah ini untuk menampung, melayani, dan mendengarkan aspirasi masyarakat miskin.

“Jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka para kader partai politik PDI Perjuangan bisa menjadi harapan masyarakat miskin dalam memperjuangkan kepentingan, kebutuhan, dan aspirasi mereka,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini pimpinan dan seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Manado. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Bidang Ideologi dan Kederisasi Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Sekjen (Wasekjen) Bidang Pemerintahan Arif Wibowo, dan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. Selain itu, hadir pula secara virtual Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (don)

Komentar

Tinggalkan Balasan