ODGJ Banyak Berkeliaran, Instansi Terkait Diminta Action

Manado, Sumber Berita ID – Jumlah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Manado nampaknya meningkat. Mereka nampak terlihat di sepanjang jalan protokol di kota tinutuan ini.

Hal tersebut turut disikapi oleh Anggota DPRD Kota Manado, Christy Masengi. Menurut politisi muda dari PDI Perjuangan ini, dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk menjadikan kota Manado sebagai kota pariwisata, keberadaan ODGJ di kota ini harus disikapi serius oleh instansi terkait.

“Instansi terkait dalam hal ini Dinas Sosial dan Sat Pol PP Kota Manado harus menyikapi hal ini. Ke depan, Pemerintah Kota Manado, dalam hal ini Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang mempunyai program untuk menjadikan kota ini sebagai kota pariwisata. Butuh sinergitas yang baik didalam pemerintahan, agar visi dan misi AA-RS bisa tercapai,” tukas Masengi.

Legislator dari dapil Sario-Malalayang ini mengharapkan, para ODGJ bisa di data dan ditertibkan di rumah singgah. Sehingga menurut Masengi, mereka bisa mendapat penanganan yang layak.

“Mereka bisa di kumpulkan dan di data. Karena, ada pula ODGJ yang dapat hidup normal dengan pengobatan atau terapi yang rutin. Sayangnya, masih banyak ODGJ yang belum mendapatkan penanganan, sehingga penyakit yang dideritanya semakin parah,” tukasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *