oleh

Manado Raih Peringkat Dua Kota Paling Toleran di Indonesia

MANADO, Sumber Berita ID – Kota Manado berhasil meraih penghargaan sebagai peringkat kedua indeks kota toleran (IKT) di Indonesia tahun 2021. Hal ini dibenarkan Kadis Kominfo Manado, Erwin S Kontu, SH, Rabu (30/03).

Diketahui, penghargaan itu sebagai hasil dari riset yang dilakukan setara Institut pada tahun 2021 dengan menilai berbagai aspek untuk kemudian memberikan Kota Manado sebagai peringkat kedua dengan nilai 6,400.

“Kami selalu menerbitkan laporan ini dengan berbasis pada riset yang serius yang ditujukan untuk mengukur kinerja kota-kota di Indonesia. Jadi bukan semata-mata mengukur kinerja walikota atau wakil walikota,” kata Direktur Eksekutif Setara Institut, Ismail Hasani, dalam sambutannya pada acara ‘Peluncuran Indeks Kota Toleran 2021’ di Jakarta, Rabu (30/03/2022).

Adapun riset yang dilakukan Setara Institut mempertimbangkan empat variabel dengan delapan indikator sebagai tolak ukur berbasis paradigma hak konstitusional warga sesuai hak asasi manusia (HAM).

Variabel pertama, Regulasi Pemerintah dengan indikator RPJMD dan kebijakan diskriminatif. Kedua, Tindakan Nyata dengan indikator pernyataan dan tindakan nyata pemerintah kota.

Kemudian, variabel ketiga Regulasi Sosial mencakup indikator peristiwa intoleransi dan dinamika masyarakat sipil. Dan variabel keempat Demografi Sosial- Agama meliputi indikator heterogenitas dan inklusi sosial.

Sementara itu, mewakili Walikota Manado, Andrei Angouw, Kadiskominfo Manado, Erwin Kontu, SH mengucapkan terima kasih kepada warga Manado yang masih terus jaga dan pelihara hidup rukun dan toleran di Kota Manado. (*/don)

 

10 kota yang mendapatkan penghargaan sebagai Indeks Kota Toleransi 2021:

 

1.Kota Singkawang dengan skor 6,483

 

2.Kota Manado dengan skor 6,400

 

3.Kota Salatiga dengan skor 6,367

 

4. Kota Kupang dengan skor 6,337

 

5. Kota Tomohon dengan skor 6,183

 

6. Kota Magelang dengan skor 6,120

 

7. Kota Ambon dengan skor 5,900

 

8. Kota Bekasi dengan skor 5,830

 

9. Kota Surakarta dengan skor 5,783

 

10. Kota Kediri dengan skor 5,733

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed