oleh

Hasil Turlap Komisi III di Rusunawa Tingkulu: Banyak Warga Tidak Pegang Data Layak Tinggal

Manado, Sumber Berita ID – Komisi III DPRD Kota Manado mengadakan turun lapangan (turlap) di lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Tingkulu pada Senin (21/03/2022), untuk melihat langsung keadaan bangunan dan memantau kondisi para penghuni rusunawa.

Tadi kami komisi III DPRD Kota Manado sudah turun lapangan disana (rusunawa), dan banyak didapati temuan seperti infrastruktur bangunan yang memang sudah selayaknya di lakukan diperbaiki karena memang kondisinya menurut kami sangat memprihatinkan,” kata Ronny Makawata saat ditemui awak media di ruang kerjanya pada Senin (21/03/2022) sore.

Komisi III saat turlap di Rusunawa Tingkulu.

Selain infrastruktur bangunan rusunawa yang perlu dilakukan pembenahan, warga yang menempati gedung rusunawa juga menjadi polemik tersendiri. Diketahui, warga yang sejak lama menempati bangunan tersebut harus angkat kaki, dikarenakan pembenahan bangunan rusunawa akan segera dilakukan.

“Pada prinsipnya, warga yang menempati Rusunawa Tingkulu sangat setuju apabila pemerintah Kota Manado melakukan rehabilitasi bangunannya. Tapi yang mereka minta adalah tempat tinggal sementara untuk warga disaat rehabilitasi bangunan Rusunawa Tingkulu berjalan. Soal apakah mereka akan balik ke rusunawa itu hal kemudian, karena pemerintah akan mendata dulu apakah layak untuk tinggal di rusunawa atau tidak,” tukasnya.

Dari hasil temuan lapangan dari Komisi III, diketahui, sejumlah warga yang tinggal di Rusunawa Tingkulu hanya sebagian kecil yang memegang dokumen bahwa mereka layak menempati rusunawa.

“Hasil wawancara kami kepada warga yang menempati rusunawa didapatkan bahwa hanya sebagian kecil warga yang memegang dokumen bahwa mereka layak tinggal di Rusunawa Tingkulu,” kata ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Singkil ini.

Makawata menutur, pihaknya akan meneruskan laporan tersebut kepada pemerintah. Diharapkan, secepatnya ada jalan keluar mengenai masalah ini.

“Tentunya kami akan mengkomunikasikan masalah ini kepada pemerintah untuk bisa mencarikan solusi kepada warga yang tinggal di rusunawa selama ada pembenahan,” tutupnya.

Sejumlah personil Komisi III DPRD Manado ikut serta dalam kegiatan turun lapangan di Rusunawa. Diantaranya, ketua Komisi Ronny Jonas Makawata, dan anggota Ir. Jean Sumilat, Mona Kloer, Lucky Datau, dan Royke Anter.(don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed