oleh

Kontes Sapi dan Pembukaan Pasar Blante Tompaso Sukses Digelar

Minahasa, Sumber Berita ID – Pelaksanaan Kontes Ternak Sapi sekaligus pembukaan Pasar Blante Tompaso sukses digelar. Kegiatan yang berlangsung di kawasan Pasar Tompaso Raya Kabupaten Minahasa pada Rabu (02/ 02/2022) itu berjalan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan

Nampak di lokasi Pasar Blante Tompaso berjejer ratusan ekor sapi dari berbagai jenis yang datang berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara, masyarakat yang hadir menyaksikan tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Mecky Onibala saat membawakan sambutan mewakili Gubernur.

Kegiatan di buka oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey yang di wakili oleh Kepala Inspektorat Provisi Sulut Drs. Mecky M Onibala MS.i yang juga sebagai koordinator kontes mengatakan, kehadiran Pasar Blante Tompaso merupakan sinergitas dan upaya nyata dari pemerintah untuk menaikan pertumbuhan ekonomi di Tompaso.

“Dengan hadirnya kembali Pasar Blante di Tompaso Raya ini, merupakan bagian dari dukungan sinergitas dan upaya nyata pemerintah terhadap mayarakat di Kabupaten Minahasa khususnya masyarakat di Tompaso Raya dan sekitarnya, untuk menyikapi pergerakan ekonomi di masa pandemi khusus untuk pemulihan Ekonomi masyarakat,” tukas Onibala mewakili Gubernur.

Onibala menambahkan, selain sebagai wadah menyalurkan hobby bagi pemilik sapi, juga Pasar Blante diharapakan bisa menggerakan lagi ekonomi di tengah pandemi.

“Semoga dengan adanya lomba kontes sapi dan dibukanya Pasar Blante Tompaso ini, bisa membalikan kembali pandangan masyarakat pada sektor peternakan selain menyalurkan hobby dan media kompetisi yang ada di masyarakat, sedangkan adanya Pasar Blante Tompaso sebagai upaya dalam menambah sarana serta berpotensi dalam sektor perdagangan dengan adanya tukar menukar serta transaksi antara peternak dan pembeli,” ujar Gubenur dalam Sambutan nya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Novly Wowiling, M.Si mengatakan, sangat mensuport kegiatan yang di adakan di Pasar Blante Tompaso tersebut.

” Selain melihat banyak potensi perputaran ekonomi, disitu ini juga bagian upaya kami dalam mengairahkan sektor peternakan di masyarakat. Dalam lomba ini, kami juga menghadirkan para juri dan dokter yang ahli dalan memberikan penilaian lomba sapi,” jelas Kadis Wowiling.

Kegiatan ini juga di support secara penuh oleh Olly Dondokambey Center (ODC) yang dipimpin oleh Ferry Wowor (FW) selaku tokoh mayarakat Sulut dan inisiator lomba. Menurut Ketum FW, kegiatan ini menjadi tolak ukur di mana ajang kontes sapi dan pembukaan Pasar Blante Tompaso tak lepas dari bagian budaya mayarakat Tompaso dan ini harus di lestarikan selalu sampai ke anak dan cucu nanti.

“Kegiatan ini rencananya akan dijadikan agenda tetap oleh pemerintah setempat, dan nantinya akan di atur lebih baik lagi entah itu terkait fasilitas serta teknis dalam lomba nanti,” pungkas FW yang juga sebagai Wakil Ketua PDIP Sulut di dampingi Sekretaris Panitia Farly Pantouw dan Bendahara Jerry Pola SE.

Rencananya kegiatan ini akan di tutup oleh Gubenur Olly Dondokambey pada hari Rabu depan, dan sekaligus menyampaikan pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang,” ujar Ketua Panitia lomba Noldy Kawengian SH.

Hadir di tengah kegiatan tersebut, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap. Bahkan, bupati nyentrik yang hobby sapi ini langsung membeli seekor sapi muda yang tengah dilombakan.

Diketahui, sapi yang mengikuti lombah berjumlah 64 ekor sapi dengan 5 kategori yakni kategori Jantan Bibit, Betina Bibit, Betina Padat, Extrim dam Exsotis.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Mewakili Bupati Minahasa Asisten Dua Ir.Wenny Talumewo, Mantan Bupati Minahasa Selatan Ramoy Markus Luntungan, dan Jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Tompaso Stenly David Umboh STTP MAP, Camat Tompaso Barat Stefri Vendra Pandey STTP MAP, para Tokoh Agama Dan para Hukum Tua, Tokoh Masyarakat Tompaso, serta insan pencinta ternak sapi. (don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed