oleh

Astaga Sirkuit Formula E Dilapisi Bambu, Ini Alasannya

Jakarta, Sumber Berita ID – Pembangunan Sirkuit Formula E di kawasan Ancol pengerjaannya sementara dikebut. Diharapkan pada bulan April nanti pembangunan sirkuit selesai. Bambu pun dipilih menjadi salah satu lapisan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta.

Penanggungjawab proyek sirkuit Formula E, Ari Wibowo dari PT Jaya Konstruksi mengatakan, penggunaan bambu sebagai lapisan sirkuit sudah diperhitungkan.

“Jadi ini ada hitungannya. Kalau dari sisi engineering, ada hitungannya dia akan turun berapa lama. Semua ada hitungannya dan kita hitung,” katanya.

“Bambu ini untuk semacam rakitnya,” kata Ari Wibowo di lokasi pembangunan sirkuit Formula E, Rabu (23/2/2022).

Ari Wibowo menjelaskan pemilihan dan keunggulan bambu versi Ari Wibowo untuk dipakai sebagai salah satu lapisan sirkuit Formula E.

“Tadi, bambu itu (dipilih karena) tahan terhadap air dan dia bisa dipecah, bisa jadi rata, bisa diratakan,” ucapnya.

Ari mengatakan penggunaan bambu sebagai lapisan sirkuit ini menjadi pilihan alternatif. Sebab, katanya, pembuatan sirkuit Formula E juga dikebut agar bisa selesai April nanti.

“Begini, ini kita masalah waktu. Kalau kita membuat yang pabrikan, seperti beton yang panjang, saya tidak berbicara harga, saya berbicara waktu. Waktu pabrikasi saja memerlukan waktu, gitu kira-kira,” ucapnya.

Dia mengatakan pihaknya membutuhkan bambu yang banyak untuk proyek pembuatan sirkuit ini. Dia mengaku mencari bambu ke berbagai daerah.

Ari mengatakan pihaknya juga menggunakan material lain selain bambu. Namun tak semua barang bisa didapatkan dalam waktu cepat.

“Selain bambu, kalau di Kalimantan ada, kayu-kayu yang keras terhadap air ada, tapi kan nggak mungkin kita datangkan dengan cepat,” ucapnya.

Dia mengaku melakukan penyesuaian manajemen penyediaan bahan dengan manajemen pekerjaan di lapangan.(*/don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed