oleh

Pemprov Sulut Dukung Pembukaan Pasar Blante Tompaso

Tompaso, Sumber Berita ID – Pasar Hewan atau lebih dikenal di kalangan masyarakat Minahasa Pasar Blante di Tompaso sudah dalam tahap persiapan. Hal tersebut ditandai dengan digelarnya rapat perdana panitia kontes hewan sapi sekaligus persiapan pembukaan Pasar Hewan atau dikenal dengan nama Pasar Blante yang rencananya akan dibuka di kawasan Pasar Tompaso Kabupaten Minahasa kini tengah dimatangkan, pada Rabu (16/02/2022).

Nampak rapat yang dipimpin Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara Meki Onibala MM, bersama Ketua Umum Olly Dondokambey Center (ODC) Ferry Wowor, membahas berbagai hal terkait teknis pelaksanaan kontes sapi yang rencana nya akang di gelar pada tanggal 2 Maret 2022 nanti.

“Dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, kegiatan kontes sapi yang sempat hilang kiranya bisa dihidupkan kembali karena merupakan budaya tradisional Masyarakat Tompaso sejak dari jaman dulu”, ujar Onibala di dampingi Sekretaris Panitia kegiatan lomba Farlly Pantouw.

Menurut Ketua ODC Ferry Wowor, Pasar Tompaso kini mulai beroperasi kembali, semoga dengan adanya pasar tersebut perekonomian masyarakat yang sebagian besar adalah petani ini terbantukan dan dengan hadirnya pasar Blante Sapi.

“Adanya Pasar Tradisional dan dibukanya Pasar Blante di Tompaso, akan sangat membantu perekonomian masyarakat di sana, semoga saja Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa bisa melirik keberadaan Pasar tersebut,” Jalsa Wowor yang juga Ketua Presidium Aliansi Masyarakat Tompaso Raya (Amator).

Hadir dalam rapat Mewakili Pemerintah Provinsi Sulut, Kadis ESDM Drs. Fransiscus Maindoka, M.Si, Kadis Lingkungan Hidup Limy Mokodompit, Karo Organisasi Chres Sondakh, Karo Kesra Fereydi Kaligis, Sekretaris BKD Andra Mawuntu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Minahasa Ir. Wenny Talumewo, M.Si.

Kadis Pertanian Minahasa, Kabag Ekonomi, Kabag Pembangunan, Camat Tompaso Stenly Ukboh, Camat Tompaso Barat Stefri Vendra Pandey, serta Panitia, Tokoh Masyarakat Noldy Kawengian, Habel Mokalu, Jerry Pola, Tommy Seke . (don)

Komentar

Tinggalkan Balasan