oleh

Fit and Proper Test KPU RI, Yessy Momongan Paparkan Cara Hemat Anggaran Pemilu 2024

Sumber Berita ID – Calon Anggota KPU RI 2022-2027 Yessy Momongan mengungkap cara menghemat anggaran di Pemilu 2024 yang mencapai Rp 86 triliun.

Salah satu cara menurut calon asal Sulawesi Utara ini, yakni dengan memangkas upah anggota badan ad hoc.

Menurut dia, upah untuk anggota badan ad hoc tidak seharusnya sesuai dengan UMP.

“Bisa dinaikkan sedikit dari 25 triliun, apa yang harus dipangkas? pertama honorarium badan ad hoc itu yang layak tapi tidak seharusnya dengan angka UMP,” kata Yessy.

Hal ini disampaikan Yessy saat menjawab pertanyaan dari Anggota Komisi II Fraksi PKS Mardani Ali Sera dalam uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu, Selasa (15/2/2022) malam.

Saat itu Mardani menanyakan anggaran yang pantas untuk KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Pasalnya, anggaran yang diajukan KPU saat ini sebesar Rp86 triliun terlalu jauh membengkak dari anggaran 2019 yang hanya Rp 25,5 triliun.

“Pertanyaan saya kalau Mba Yessy bisa meng-exercise, di angka berapa kalau 2019 kan 25 triliun, tiba-tiba sekarang naik ke 86 triliun. Walaupun saya tahu kalau bahasa Pak Gaus 70 persennya untuk temen-temen KPPS yang mau di UMR-kan. Tetapi saya tetap menantang Mba Yessy coba buat exercise, di angka berapa anggaran kita,” kata Mardani seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Menjawab pertanyaan Mardani, Yessy menilai pada dasarnya anggaran yang bisa ditetapkan KPU untuk Pemilu 2024 bisa hanya sedikit di atas anggaran pada 2019.

Satu di antara caranya, lanjut Yessy, yakni dengan memangkas upah anggota badan ad hoc.(don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed