oleh

Baguna Bergerak, Tinjau Lokasi Rawan Bencana

Manado, Sumber Berita ID – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara dan Baguna PDI Perjuangan DPC Kota Manado mengawali Kegiatan di Tahun 2022 dengan Agenda Apel Bersama Kesiap-siagaan Bencana Menindaklanjuti Peringatan Dini dari BMKG dan BNPB tentang Potensi Bencana Banjir di Tiga Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara yaitu Kota Manado, Minahasa dan Sitaro.

Kegiatan Apel dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2022 Jam 10.00 Wita bertempat di Sekretariat BAGUNA eks. Kantor DPD PDIP Sulut.

Dalam Apel Bersama tersebut dipimpin Oleh Kepala BAGUNA Provinsi Sulawesi Utara, Dra. Adriana Ch. Dondokambey, M.Si yang dalam hal ini di wakili oleh sekretaris BAGUNA PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara, Donny D. Poluakan, S.IP dan juga Kepala BAGUNA DPC PDI Perjuangan Kota Manado, Jeane Laluyan.

Dalam Sambutannya, Kepala BAGUNA Provinsi Sulawesi Utara yang dibawakan oleh Sekretaris BAGUNA SULUT, bahwa untuk menindak lanjuti peringatan dini dari BMKG mengenai Cuaca ekstrim di seluruh wilayah Sulut ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu mengamati aliran sungai bilamana terjadi hujan dgn itensitas tinggi, mendesiminasi informasi peringatan dini kepada masyarakat, berkoordinasi dengan pemerintah dan juga relawan ataupun penggiat bencana lainnya guna usaha penanggulangan bencana, dan melakukan mitigasi non struktural kepada masyarakat di daerah dengan potensi bencana yang tinggi.

Kegiatan Apel tersebut di tutup dengan kegiatan Turun Lapangan meninjau langsung ke beberapa aliran sungai di kota Manado oleh seluruh Pengurus BAGUNA Provinsi Sulut dan Baguna Kota Manado.

Kegiatan Baguna saat meninjau lokasi yang rawan bencana.

“Kami menghimbau kepada seluruh Masyarakat yang tinggal di daerah Bantaran Sungai agar supaya tetap berhati-hati saat cuaca ekstrim dengan curah hujan yang tinggi,” kata Donny D. Poluakan.

Kepala Baguna Kota Manado, Jeane Laluyan juga menghimbau jajarannya agar selalu siap dan siaga dalam membantu Masyarakat.

“DPC Baguna Manado selalu siap dan siaga dalam membantu warga Kota Manado. Dalam hal ini mitigasi bencana di lokasi-lokasi rawan banjir dan longsor,” kata Laluyan sembari menambahkan dalam setiap kegiatan, Baguna Manado selalu berkoordinasi dengan DPC PDI Perjuangan Manado, dalam hal ini dr Richard Sualang.

Jeane Laluyan dan Donny Poluakan beserta jajaran pengurus Baguna saat turun lapangan.

Laluyan yang juga Anggota DPRD Manado ini berterimakasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Manado yang sudah bekerja cepat mengatasi banjir di titik yang rawan bencana.

“Baguna Kota Manado berterimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Pak Walikota dan Wakil Walikota yang sudah bekerja cepat, sehingga potensi banjir di kota Manado di titik-titik yang biasanya berdampak bencana, semakin berkurang bahkan tidak banjir lagi,” kata Laluyan.

Laluyan mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Baguna Sulawesi Utara dan Kota Manado tersebut merupakan perintah langsung dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Ibu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dan menghimbau agar berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” tutup Laluyan.

Dalam kegiatan ini Kepala BAGUNA Provinsi Sulawesi Utara, Dra. Adriana Ch. Dondokambey, M.Si memantau mengunakan aplikasi zoom meeting karena sedang bertugas di luar daerah.(don/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan