oleh

Lenda Pelealu Moderator di Seminar Batik Manado

Manado, Sumber Berita ID – Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Lenda Neivy Pelealu, MSi menjadi moderator pada Seminar Batik Manado yang dibuka Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Ketua TP PKK Ny Irene Golda Angouw Pinoton di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado, Selasa (26/10/21).

Wali Kota Andrei Angouw saat membawakan sambutan dan membuka kegiatan tersebut menyampaikan, batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia dan Manado sebagai salah satu bagian dari NKRI.

Menurut Wali Kota Batik sebagai ragam budaya bangsa yang diakui badan dunia seperti UNESCO. “Saya berharap agar kekayaan budaya-budaya bisa digali termasuk budaya yang ada di Manado untuk ditransformasikan lewat Batik Manado,” tambah Wali Kota.

Wali Kota juga harap seminar ini dapat mendorong budaya termasuk mendorong indutri kreatif di Kota Manado serta kepariwisataan di Manado.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Neyvi Lenda Pelealu MSi yang juga sebagai moderator mengatakan, seminar ini sebagai bentuk upaya Pemkot Manado mendorong kreativitas dan inovasi yang mengangkat nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal di Kota Manado.

“Ini adalah bagian dari upaya pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kota Manado dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan ekonomi kreatif,” ucap Pelealu.

Menurut Pelealu, seminar hari ini akan menggali apa yang paling mendasar dari Batik Manado sebagai kearifan lokal dan menjadikannya sebagai identitas warga dalam berbusana.

“Kita telah memiliki batik Manado, dalam kegiatan ini akan ditampilkan pula lima desain baru varian batik khas Manado terbaru sebagai pendamping Batik untuk memperkaya varian khas batik di kota ini,” ujarnya.

Pemerintah Kota Manado terus berupaya mengembangkan pariwisata dan kebudayaan sebagai salah satu sektor penggerak perekonomian di Kota Manado.

Hal tersebut sebagai program yang dilakukan dengan penataan di Dinas Pariwisata, Pengembangan Industri Batik, dan Pelestarian Nilai-nilai Budaya, dengan salah satu unsur kearifan lokal kota Manado adalah Batik Manado.

Turut hadir, Ketua Tim Ahli Perancang Batik Motif Harian Manado, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata, Jajaran Pejabat Pemerintah kota Manado, Ketua Tim PKK kota Manado, Sekretaris Tim PKK kota Manado, Ketua Dharma Wanita kota Manado, dan Tim Desain Batik kota Manado.

Sedangkan yang menjadi pembahas pada seminar tersebut ialah Drs. Daud E. Pangkey, M.Pd, Dr. Ivan Kaunang, S.S., M.Hum, Drs. Enoch Saul, Bpk. Chairul Mokoginta, S.E.(*/don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed