Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Perubahan APBD 2021, Refocusing dan Hutang Turut Dibahas

Manado, Sumber Berita ID – Walikota Manado, Andrei Angouw memimpin Rapat Koordinasi persiapan Pelaksanaan perubahan APBD TA. 2021 di ruang serbaguna Kantor Walikota, Rabu (22/09).

Kegiatan diawali oleh laporan dan penjelasan oleh panitia rapat koordinasi yang disampaikan oleh asisten III/PLT Kepala BKAD, Bart Assa.

Rapat koordinasi saat ini dikaitkan dengan kondisi dan situasi sehingga mengalami krisis penganggaran yang mengakibatkan potensi defisit yang besar. Hal ini disebabkan oleh karena Pandemi Covid-19, sehingga sebagian besar anggaran pembangunan program dan kegiatan direfokusing ke soal penanganan Pandemi. Hal kedua adalah hutang yang begitu besar.

Kondisi ini yang dibahas dalam rapat koordinasi ini seperti skenario anggaran APBD Perubahan yakni ringkasan Perubahan APBD Kota Manado tahun anggaran 2021. Juga dipaparkan soal proyeksi pendapatan PAD dan potensi kas daerah sampai akhir Desember 2021.

Dalam arahannya, Walikota menyampaikan bagaimana memanfaatkan anggaran seefisien mungkin.

“Anggaran bisa berhemat sebab anggaran ini kritis disebabkan kita juga harus membayar hutang,” kata Walikota.

Walikota juga menyinggung soal THL yang harusnya dapat melaksanakan pekerjaan sesuai kebutuhan yang tersedia. Hal lain disinggung walikota soal SILPA yang kecil yang tidak bisa dimanfaatkan secara efektif menutupi kekurangan anggaran lainnya.

“Rekan-rekan SKPD harus menjadi ahli di bidang masing-masing, termasuk dapat mempelajari dan memahami aturan-aturan yang mengatur kegiatan program yang ada di setiap SKPD,” urai Walikota.

Walikota menambah, sesama SKPD harus saling menunjang program, agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.

“Sesama SKPD harus saling menunjang supaya program dan kegiatan berjalan baik ditengah masyarakat,” tambah Walikota.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga rapat ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti rapat ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop.

Rapat koordinasi ini dihadiri Wakil Walikota Manado Richard Sualang, Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, Inspektur Kota Atto Bulo, staf ahli dan para asisten, kepala SKPD dan para Camat. (bonds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *