oleh

TAPD Banyak Salah Data, Pembahasan Pansus LKPJ Jalan Ditempat

Manado, Sumber Berita ID – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) DPRD Kota Manado bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kembali mengagendakan rapat dalam rangka penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2020, bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kota Manado, Senin (26/04). Namun saat penyampaian laporan dari TAPD melalui Kaban Bapelitbang Liny Tambajong, Pansus menemui banyak kejanggalan. Dalam data pelaporan LKPJ Walikota, tidak sama dengan buku LKPJ yang ada.

Menanggapi kesalahan tersebut, Ronny Makawata mengatakan bahwa perhitungan anggaran daerah harus dikerjakan dengan teliti.

“Saya menduga ini memang ada salah pengetikan, namun karena ini adalah lembar negara, di akhir periode Pemerintah Kota Manado ini seharusnya mereka lebih teliti. Katakanlah satu lembar yang salah, tapi ini ada beberapa item yang salah, dan berbicara tentang data anggaran itu harus sangat teliti,” ungkap Ronny Makawata, Senin (26/04).

Tambahnya, TAPD Kota Manado harus segera merevisi semua dokumen LKPJ agar tidak menjadi pembohong publik.

“Menurut saya TAPD harus merevisi semua dokumen, jangan sampai terjadi pembohong publik dimata masyarakat,” kata RoMa sapaan akrabnya.

Ronny Makawata

RoMa berharap pembenahan ini harus mengikuti apa yang sudah dikatakan oleh Walikota Manado G.S Vicky Lumentut pada saat penyampaian LKPJ beberapa waktu lalu.

“Pembenahan ini kami harapakan mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh Pak Walikota Vicky Lumentut beberapa waktu lalu, karena apabila TAPD mengambil data yang berbeda pada waktu lalu itu akan sangat berbahaya,” tambahnya.

Liny Tambajong menanggapi perihal salah data tersebut dan mengatakan bahwa semua perhitungan anggaran sudah melalui prosedur yang berlaku.

“Kami TAPD sudah menggunakan sistem standar format baku akuntansi pemerintahan daerah,” tukasnya singkat.

Diketahui, rapat Pansus LKPJ dan TAPD dihadiri oleh ketua Sekretaris Kota Manado, Micler Lakat, Kaban Keuangan Pemkot Manado, Jhonny Tamaka, Kaban Bapelitbang Liny Tambajong, ketua Pansus LKPJ Royke Anter, Sekretaris Pansus Ronny Makawata, dan anggota pansus diantaranya, Jean Sumilat, Jeane Laluyan, Hengky Kawalo, Lilly Walandha, Jurani Rurubua, Lilly Binti, dan Yanti Kumendong. (bonds)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed