Lewat Program CSR, BRI Bangun 650 Jamban di Tanjung Uma

Ekonomi, Headline401 Dilihat

Sumber Berita ID – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. meninjau Lokasi Pembangunan Jamban yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), di Tanjung Uma, Rabu (07/06/2023).

 

Jefridin mengungkapkan, BRI memberikan CSR untuk pembangunan 650 unit jamban. Di RT 01 RW 05 Kelurahan Tanjung uma, sebanyak 23 unit jamban akan dibangun.

 

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Saya mengucapkan terimakasih kepada BRI yang telah mendukung Pemerintah Kota Batam dalam mewujudkan kota sehat. Insyaallah 650 unit jamban ini pembangunannya akan disebar di 12 kecamatan,” sebutnya.

 

Katanya, untuk meningkatkan level Kota Batam sebagai Kota Sehat masih terdapat tantangan yang perlu pembenahan, salah satunya adalah Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Agar masyarakat tidak buang air besar sembarangan diperlukan penyediaan sarana sanitasi. Ini menurutnya harus dimulai dari komunitas terkecil yakni rumah tangga dengan harapan tidak ada lagi perilaku BABS di masyarakat Kota Batam baik di daerah hinterland maupun mainland.

 

“Untuk penyediaan jamban ini memakai Teknologi Tepat Guna (TTG) sebagaimana yang direkomendasikan Kementrian Kesehatan RI. Penyediaan TTG ini merupakan solusi yang sangat tepat dan efektif. Karena memiliki daya tampung 10 tahun dengan kapasitas 6-7 anggota keluarga,” jelasnya.

 

Katanya, berdasarkan verifikasi Tim Dinas Kesehatan masih terdapat 10.639 kepala keluarga di Kota Batam yang tidak memiliki jamban dan masih berperilaku BABS. Dengan begitu masih dibutuhkan 10.639 unit jamban, yang akan digunakan oleh 10.639 kepala keluarga.

 

“Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung Pemerintah Kota Batam dalam mewujudkan Kota Sehat. Semoga dengan kontribusi dan kolaborasi ini kebutuhan jamban di Kota Batam bisa terpenuhi,” tutur pria asal Selatpanjang ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *