Salah Kaprah Tentang Kemiskinan di Kota Manado, Begini Penjelasan BPS

Headline, Manado1472 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Beda pemahaman, beda pendapat. Itu yang terjadi ketika sejumlah oknum menafsirkan pemberitaan salah satu media online yang mengatakan kemiskinan di Kota Manado tinggi. 

Tapi hal itu bertolak belakang dengan penjelasan dari Kepala Badan Pusat Statistik Kota Manado, Ir. Novri Mokoagouw mengatakan penduduk miskin di kota Manado dilihat dari jumlah sebanyak 25.380 jiwa.

Tetapi, kata Novri, jika dilihat dari persentase, angka kemiskinan kota Manado hanya sebesar 5,84 persen.

“Memang kalau kita lihat dari segi jumlah maka nilainya memang agak besar karena jumlah penduduk kota Manado juga besar. Namun demikian secara proporsional jika dihitung berdasarkan persentase kemiskinan di kota Manado masih lebih kecil jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten kota lain di provinsi Sulut,” ungkap Novri.

Tabel presentasi tingkat kemiskinan Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Utara. (dok)

Untuk itu, Novri kembali menegaskan, dari data BPS angka kemiskinan kota Manado tahun 2022 sebesar 5.84 persen atau sebanyak 25,380 jiwa.

“Angka ini jika kita bandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan dari 26.781 jiwa menjadi 25.380 jiwa di tahun 2022 atau dengan kata lain mengalami penurunan sebanyak 1.401 jiwa,” ungkapnya.

Hal ini, menurutnya, tidak terlepas dari keberhasilan kebijakan pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kota Manado.

“Ini juga menjadi salah satu instrumen yang membuat Indeks Pembangunan Manusia kota Manado sebesar 79,66 sebagai yang tertinggi di Sulut bahkan lampaui IPM nasional,” ungkap Novri.(don)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *