Jean Sumilat, Penggagas MBW, Koki Presiden dan Politikus Ulung

Headline, Manado, Parlemen1760 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Nama Ir Jean Sumilat sudah menjadi familiar di telinga masyarakat Kota Manado, ketika dirinya masuk ke dunia politik dan menjadi bagian dari keluarga besar PDI Perjuangan. Sumilat saat ini menduduki posisi sebagai ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Malalayang. Pemilik wajah oriental ini pun terpilih sebagai anggota DPRD Kota Manado pada periode 2019 silam untuk daerah pemilihan Sario – Malalayang. Dan kini, Ci Ane (panggilan akrabnya) ingin meneruskan kembali kiprahnya dalam dunia perpolitikan di Kota Manado dengan maju sebagai calon anggota legislatif di tahun 2024 nanti.

Saat ini Ci Ane duduk di komisi paling bergengsi di DPRD Kota Manado. Ya, komisi III Dewan Kota Manado yang secara khusus mengawasi bidang pembangunan Kota Manado.

Jean Sumilat saat memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung.

Kinerja Jean Sumilat saat duduk di Dewan Kota Manado tak perlu diragukan lagi. Berbagai prestasi dalam telah ditorehkannya. Sebut saja pembangunan Malalayang Beach Walk (MBW) yang secara gamblang disebut oleh Gubernur Olly Dondokambey bahwa MBW tercipta berkat loby oleh Ci Ane kepada Presiden Joko Widodo langsung saat melakukan kunjungan ke Manado.

Mengikuti aksi bersih-bersih lingkungan dalam rangka HUT RI.

“Saya juga berterimakasih kepada Ibu Ane Anggota DPRD Manado, Dapil Malalayang. Kalau mau cerita, waktu pas Bu Ane (panggilan akrab Jean Sumilat) membawa makanan ke Pak Jokowi, saya bilang pak (Jokowi) ini Malalayang jalannya gimana, Ibu Ane meminta saya tapi saya tidak punya duit. Jadilah ini, dan diperintahkan untuk membangun,” kata Gubernur Dondokambey pada saat berada di MBW beberapa waktu lalu.

Pembangunan MBW sangat berdampak pada masyarakat sekitar, terutama para pelaku UMKM kuliner.

Kawasan pariwisata di Malalayang itu telah disulap menjadi tempat paling favorit di Kota Manado. Bahkan, telah diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Jean Sumilat juga sukses menggelar pelaksanaan Kejuaraan Selam tingkat Nasional dan Manado Underwater Festival (MUF) pada Oktober 2022 lalu. Sumilat yang juga ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Manado itu mendapatkan apresiasi dari Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang kala itu.

Ditingkat Nasional juga, owner Catering Defoma dan Cafe IE LOEN ini pernah mewakili DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara dalam Lomba Sajian Kuliner Nusantara Resep Mustika Rasa dan Festival Bakar Ikan Nusantara di Jakarta, Juni 2022 lalu. Ci Ane pun menyabet juara II pada kategori lomba memasak Sajian Nusantara.

Dalam setiap kesempatan melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara, para menteri dan Presiden Joko Widodo selalu disuguhkan menu masakan yang diracik dan di masak langsung oleh Jean Sumilat. Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri selalu memesan masakan Ci Ane kala mengunjungi Sulut.

Jean Sumilat saat mengikuti pembahasan banggar dan TAPD.

Srikandi PDI Perjuangan Kota Manado yang masuk dalam Tim Anggaran (Banggar) DPRD Kota Manado ini dalam setiap mengikuti pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tak perlu diragukan lagi. Sepak terjangnya dalam setiap pembahasan anggaran selalu mencolok, karena selalu terlihat teliti menelusuri anggaran dan peruntukannya.

Pada Desember 2022 lalu, Ketua WKI Wilayah Manado Malalayang ini juga sukses menggelar ibadah remaja se Sinode di GMIM Sion Malalayang.

Ci Ane juga menjadi ketua panitia HUT GMIM Bersinode ke-88 pada (26/09/2022) lalu. Lanjut, pada Jumat (07/2022) juga sebagai ketua panitia pelaksanaan Konsultasi Tahunan Pemuda Sinode GMIM tahun 2022. (don)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *