Walikota Angouw: Perangkat Daerah Untuk Serius Bimtek Pengelolaan Aset Daerah

Manado, Pemerintahan472 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Walikota Manado Andrei Angouw Rabu (01/11/2022) menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah yang diselenggarakan di Hotel Grand Puri Manado.

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala BKAD Peter Bart Assa.Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado selama 4 (empat) hari mulai dari pembukaan pada hari ini Selasa, 1 November 2022 s/d Jumat, 4 November 2022.

“Tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aset Daerah adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang teknis pengelolaan Barang Milik daerah yang kedua agar Perangkat Daerah dapat melakukan pengelolaan Barang Milik daerah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Serta Perangkat Daerah dapat menindaklanjuti temuan/rekomendasi BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Manado khususnya pengelolaan BMD,” jelas Bart Assa.

Walikota Manado Andrei Angouw dalam arahannya menyampaikan agar kegiatan Bimtek Pengelolaan Aset Daerah ini untuk diseriusi dan diikuti dengan baik karena aset daerah harus dikelola secar baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada.

“Kita harus bisa memaksimalkan dan menjaga aset – aset kita. Dan saya berharap output dari kegiatan adalah penataan, pengelolaan, pencatatan aset barang milik daerah ini dengan lebih maksimal,” ujarnya.

Walikota mengingatkan, agar aset – aset yang ada harus bekerja maksimal bekerja dalam melayani masyarakat serta mempunyai nilai tambah.

“Saya berharap setelah kegiatan ini semua SKPD bisa mengidentifikasi aset – asetnya, cuci buku. Supaya mana yang belum jelas kita perjelas, mana yang ada kita perjelas dan mana yang sudah tidak maksimal kita hapus dari buku kita dan tentu sesuai dengan prosedur yang ada,” jelas Angouw.

“Dengan bimtek ini, pengelolaan aset daerah pemerintah kota bisa lebih tertib administrasi, dan pengelolaannya lebih maksimal,” pungkas Walikota.

Angouw menambahkan, agar masing – masing perangkat untuk memberikan report kepada BKAD mengenai aset – aset yang ada.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimtek tersebut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara ,Balai Diklat Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Manado Serta Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado

Untuk Peserta Bimbingan Teknis Pengelolaan Aset Daerah dihadiri oleh Para Kepala Perangkat Daerah , Pejabat Penatausahaan Pengguna Barang ,Pengurus Barang da Operator SIMDA BMD.(adve/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *