Terbukti, Program JKN Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Headline, Manado509 Dilihat

Manado, Sumber Berita ID – Manfaat nyata dari Program JKN membuat semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN. Hal ini seperti yang dirasakan oleh Jems Tumewu (49). James mengaku, sebelum ada jaminan kesehatan dirinya dan keluarganya sangat khawatir ketika nantinya sakit dan harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Baginya terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah mengubah hidupnya, karena dia tidak perlu khawatir lagi akan biaya pengobatan kesehatan jika sakit.

Jems menyampaikan, dirinya merupakan seorang penderita penyakit kolestrol dan asam urat. Sampai saat ini dirinya rutin menjalani kontrol kondisinya meggunakan kartu JKN. Awalnya Jems tidak pernah menyangka akan menderita penyakit tersebut karena selama ini dia merasa kondisinya baik-baik saja. Dirinya divonis menderita kolestrol dan asam urat sejak bulan Februari 2022. Waktu itu dia merasa drop dan segera melakukan pemeriksaan di Puskesmas. Selanjutnya dia diberi rujukan ke Rumah Sakit Walanda Maramis untuk melakukan pemeriksaan lebih rinci.

“Disana saya didiagnosa mengalami penyakit kolestrol dan asam urat. Saya langsung diberi penanganan dan obat-obatan karena saya juga memiliki gejala struk. Puji Tuhan saya sudah sembuh dan bisa menjalani aktivitas saya kembali,” cerita Jems Senin (26/09/2022).

Jems sangat bersyukur dirinya dan keluarganya telah menjadi peserta Program JKN. Terdaftar sebagai peserta JKN membuat dirinya lebih mudah untuk melakukan pengobatan. Jems juga menilai pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan sudah sangat baik dan tanpa ada hambatan.

“Sebagai masyarakat kurang mampu, kami bersyukur bisa terdaftar ke dalam Program JKN yang ditanggung pemerintah. Kami benar-benar merasa diperhatikan oleh negara Indonesia, karena bagi kami makan saja susah apalagi uang untuk berobat. Ketika di rumah sakit, saya merasa dilayani dengan sangat baik dari segi keramahan tenaga medis, alat-alat yang canggih dan juga banyak lagi,” jelas Jems.

Menurut Jems, saat ini pelayanan kesehatan sudah semakin mudah diakses sehingga peserta JKN lebih mudah mendapat pelayanan yang maksimal.

“Selama saya menjalani pengobatan, baik itu di rumah sakit maupun Puskesmas, saya tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun. Saya tinggal datang menunjukkan kartu, kemudian semuanya saya jalani dengan lancar. Semoga kedepannya BPJS Kesehatan semakin baik lagi,” tutup Jems.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *